Pipa HDPE | Pengertian, Jenis dan Kelebihan

Pipa HDPE (High Density Polyethylene)

Pipa HDPE?

pengertian pipa hdpe

Pengertian Pipa HDPE

Hallo SobatSinergy dimanapun engkau berada, kembali lagi bersama kami tim yang suka berbagi informasi mengenai plumbing atau perpipaan, sebelumnya telah kami ulas secara lengkap mengenai Pengertian, Fungsi dan Keunggulan Pipa PVC, kali ini akan kami bahas lengkap seputar pipa HDPE. Baik tidak usah berlama-lama kita masuk ke topik pembicaraan. HDPE (singkatan dari High Density Polyethylene) adalah produk pipa plastik bertekanan yang biasanya digunakan untuk saluran air bersih berstandar food gradeHigh Density Polyethylene atau Polietilena berdensitas tinggi merupakan bahan baku material pembuatan Pipa PE.

HDPE biasa juga dikenal dengan nama Pipa PE (atau Pipa PE-100) sering disebt juga pipa hitam. Material HDPE dibuat dari bahan minyak bumi yang memiliki karakteristik antara lain, yaitu :

  1. Memiliki tingkat kelenturan dan kekuatan tinggi sehingga tidak mudah rusak.
  2. Ikatan antar molekul material yang terikat sangat kuat satu dengan yang lain sehingga tingkat keretakan sangat rendah.

HDPE juga merupakan pipa berstandar food grade yang artinya aman untuk peralatan makan dan minum. Hal tersebut dikarenakan bahan dari produk pipa yang satu ini yang tak mudah rusak dan mengakibatkan pencemaran. Material ini sangat cocok dan direkomendasikan untuk saluran air bersih bertekanan.

Pipa PE-100 atau HDPE memiliki tingkat fleksibilitas yang sangat baik. Pipa ini dapat dipasang dimana saja. Usia penggunaannya pun dapat bertahan lama. Selain itu, Pipa ini juga anti karat, masalah yang sering dialami oleh pipa besi. Oleh karena itu, produk ini sangat cocok dipasang di kawasan tropis seperti Indonesia karena ketahanan terhadap pengaruh lingkungan sehingga tidak mudah rusak.

pengertian pipa pe

Jenis Pipa HDPE

Jenis Pipa PE-100 atau HDPE ini dapat digolongkan menjadi beberapa varian dan jenis sesuai dengan kebutuhan misalnya berdasarkan penggunaan, kemasan produk & kebutuhan tekanan, lebih jelasnya seperti penjelasan dibawah ini :

Berdasarkan Penggunaan

  • Pembangunan saluran air bersih
  • Pembangunan saluran gas bertekanan
  • Selongsong atau pelindung kabel

Berdasarkan Kemasan Produk

  • Pipa PE Batang
  • Pipa PE Roll

Berdasarkan Kebutuhan Tekanan

  • Pipa PE-100 PN-4
  • Pipa PE-100 PN-5
  • Pipa PE-100 PN-6,3
  • Pipa PE-100 PN-8
  • Pipa PE-100 PN-10
  • Pipa PE-100 PN-12,5
  • Pipa PE-100 PN-16
  • Pipa PE-100 PN-20

Jenis-Jenis Aksesoris Pipa HDPE

Dalam instalasi saluran air, pipa didukung oleh beberapa aksesoris perpipaan dengan berbagai macam bentuk dan ukuran diameter. Jenis aksesoris atau fitting HDPE biasanya dibedakan berdasarkan jenis penyambungan yang dipilih. Maka dari itu, secara umum terdapat tiga jenis aksesoris yang digunakan, yaitu :

  • Compression Joint adalah aksesoris yang digunakan untuk penyambungan pipa tanpa menggunakan mesin penyambungan (welding machine) HDPE, bahan perekat lainnya ataupun metode penyambungan Mechanical Joint.
  • Butt Fusion adalah metode penyambungan HDPE yang dilakukan dengan menggunakan mesin penyambungan (welding machine). Mekanismenya yaitu dengan memanaskan kedua sisi pipa maupun aksesoris HDPE hingga meleleh, setelah itu langsung bisa disatukan.
  • Electrical Fusion Joint adalah aksesoris penyambungan HDPE yang memiliki panel listrik yang dikonversi menjadi panas untuk melelehkan kedua sisi yang akan disatukan.

pengertian hdpe

Kelebihan Pipa HDPE

  • Ringan. Jika dibandingkan dengan pipa besi, HDPE lebih ringan sehingga lebih mempermudah proses instalasi dan mobilisasi dalam proses pembangunan saluran air. Pipa ini juga dapat bertahan dalam jangka waktu lama, tidak kalah dengan pipa besi.
  • Sistem penyambungan bervariasi. Seperti yang sudah disebutkan diatas, cara penyambungan HDPE secara umum dapat dibagi menjadi tiga. Compression Joint adalah cara penyambungan tanpa menggunakan bantuan mesin. Selain itu, ada cara penyambungan yang menggunakan bantuan mesin, yaitu Butt Fusion dan Electrical Fusion Joint.
  • Ramah lingkungan & berstandar food gradeKarakter High Density Polyethylene atau Polietilena berdensitas tinggi yang tidak mudah mengalami kerusakan dan mencemari aliran air bersih, membuat HDPE ini sesuai dengan standar food grade. Produk pipa plastik ini juga tidak mengalami masalah karat seperti pipa besi yang bisa mencemari air. Selain itu, bahan dari HDPE ini juga mudah didaur ulang sehingga lebih ramah lingkungan.
  • Fleksibel & lentur. HDPE memiliki tingkat kelenturan yang sangat tinggi. Keistimewaan ini membuat proses instalasi HDPE ini lebih mudah daripada pipa besi karena tidak memerlukan aksesoris yang terlalu banyak. Karena kelenturan yang tinggi, pipa ini tersedia dalam bentuk roll hingga ratusan meter.
  • Tahan berbagai kondisi & cuaca. HDPE memiliki kekuatan serta ketahanan yang tinggi sehingga dapat bertahan dalam berbagai kondisi dan cuaca. Oleh karena itu HDPE ini cocok untuk digunakan dimana saja.

PT Lintas Sinergy Mandiri perusahaan bergerak dibidang Plumbing Division (Penjualan dan Pemasangan Pipa mulai dari Pipa PVC, Pipa PPR, Pipa HDPE dan Fitting SNI LENGKAP), Machinery Division, Electrical Division dan General Contractor.
Kami selalu berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik mulai dari produk, pengerjaan dan pelayanan.
Kami siap bekerja sama dan memenuhi kebutuhan proyek Anda di SELURUH INDONESIA.
Untuk Jasa Pemasangan Pipa klik jasapemasanganpipa.com

Kunjungi website kami di :
lintassinergymandiri.com
hargapipaterbaru.com
aksesorispipa.com
mesin-packaging.com

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi nomor kantor kami di :
031-7505289 / 082 1111 09929


FAQ

Apa itu pipa HDPE?

HDPE (High Density Polyethylene) adalah produk pipa plastik bertekanan yang biasanya digunakan untuk saluran air bersih berstandar food grade.

Apa yang dimaksud Food Grade?

Food grade memiliki arti aman untuk peralatan makanan dan minuman.

Fungsi pipa HDPE adalah?

Pembangunan saluran air bersih, Pembangunan saluran gas bertekanan, Selongsong atau pelindung kabel dan lain sebagainya.

Kelebihan pipa HDPE adalah?

Ringan, sistem penyambungan bervariasi, ramah lingkungan dan food grade, fleksibel dan lentur, tahan dari berbagai kondisi dan cuaca.

Pipa HDPE | Pengertian, Jenis dan Kelebihan

6 tanggapan pada “Pipa HDPE | Pengertian, Jenis dan Kelebihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *