Perbedaan Pipa PVC Jenis AW, D dan C

Jenis – Jenis Pipa PVC

Haloo SobatSinergy, kembali lagi bersama kami Tim Penulis yang sangat gemar berbagi informasi terutama seputar perpipaan/plumbing.

Seelumnya telah bertemu dengan kami dalam tulisan Pengertian, Jenis dan Kelebihan Pipa HDPE, Pipa PPR Westpex Untuk Aliran Air Panas. Kali ini akan kami bahas tuntas dan lengkap mengenai perbedaan dan fungsi pipa PVC berjenis AW, D dan C.

Sebelum kita mengetahui fungsi pipa pvc kita harus mengetahui apa itu pipa sendiri. Pipa adalah sebuah selongsong bundar yang berguna untuk mengalirkan fluida – cairan atau gas. Terminologi pipa biasanya sama dengan istilah tube, namun biasanya istilah untuk pipa memiliki diameter lebih dari 1/2 inch.

Pipa sendiri termasuk salah satu bagian yang amat penting pada sistem plumbing. Banyak sekali tipe-tipe pipa, itu semua terbagi berdasarkan fungsi, letak, serta materialnya.

Baik tak berlama-lama, kita masuk ke pembahasan, simak yaa ..

Pengertian

Jenis Jenis Pipa PVC – PVC (PolyVinyl Chloride) merupakan polier termoplastik urutan ketiga dalam hal jumlah pemakaian di dunia, setelah polietilena dan polipropilena.

Untuk jenis pipa menurut fungsinya, pipa ini terbagi ke dalam 4 bagian, yaitu pipa saluran untuk air bersih, pipa saluran air bekas, pipa saluran air kotor, serta pipa saluran air hujan.

Perbedaannya air kotor serta air bekas yaitu dibedakan dari sumbernya, untuk air bekas bersumber pada air bekas pakai maupun air bekas cucian, sedangkan untuk air kotor merupakan air yang bersumber dari toilet maupun dari urinoir.

Pada intinya adalah, air bekas dapat langsung masuk ke dalam saluran kota, sedangkan untuk air kotor akan masuk ke instalasi septic tank maupun STP. Namun saat ini kita akan sedikit membahas sedikit tentang Fungsi dari Pipa PVC.

Pipa PVC pada umumnya digunakan sebagai saluran air dalam suatu proyek perumahan atau gedung atau jalan dll. Pipa PVC ini sifatnya keras, ringan, dan kuat. Karena penginstalannya mudah, maka sangatlah ideal jika digunakan untuk saluran dibawah zink dapur, kamar mandi, dll. Bahkan penggunaan pipa PVC ini dapat bekerja lebih baik dari pada menggunakan pipa besi yang perlu disolder, juga tahan terhadap hampir semua alkalin atau zat beracun serta mudah dipasang.

KELAS

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai kualitas Pipa PVC dan perbedaan kelasnya, sehingga kita dapat memilih dengan tepat sesuai dengan kebutuhan kita.

  1. Pertama, Pipa PVC type AW : pipa paling tebal, pipa pvc ini mampu menahan tekanan sampai 10kg/cm2. Biasanya baik digunakan untuk pemasangan Pompa Air terutama untuk bagian penghisapan dan saluran air ke kran kran air.
  2. Kedua, Pipa PVC type D : pipa yang ketebalannya sedang, mampu menahan tekanan 5 kg/cm2
  3. Ketiga, Pipa PVC type C : pipa paling tipis untuk saluran pembuangan yang tidak membutuhkan tekanan atau untuk pelindung saja misalnya untuk pelindung kabel dan lain lain

Pipa PVC Jenis AW, D dan CPipa PVC Jenis AW, D dan C

PT Lintas Sinergy Mandiri perusahaan bergerak dibidang Plumbing Division (Penjualan dan Pemasangan Pipa mulai dari Pipa PVC, Pipa PPR, Pipa HDPE dan Fitting SNI LENGKAP), Machinery Division, Electrical Division dan General Contractor.
Kami selalu berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik mulai dari produk, pengerjaan dan pelayanan.
Kami siap bekerja sama dan memenuhi kebutuhan proyek Anda di SELURUH INDONESIA.
Untuk Jasa Pemasangan Pipa klik jasapemasanganpipa.com

Kunjungi website kami di :
lintassinergymandiri.com
hargapipaterbaru.com
aksesorispipa.com
mesin-packaging.com

Keunggulan & Manfaat

  • Anti Karat, pipa PVC dan PE tidak menimbulkan karat yang air laut sebabkan atau bahan kimia lain yang dapat menimbulkan karat.
  • Sanitasi, pipa PVC dan PE tidak beracun dan tidak merubah rasa maupun warna dari semua cairan yang melaluinya. Hal ini sangat baik kita gunakan untuk air bersih atau air minum.
  • Ringan, berat pipa PVC ± 1/5 dari berat pipa besi, Berat jenis pipa PVC 1,42, berat jenis pipa PE 0,95
  • Tidak Menghantarkan Nyala Api, khusus Pipa PVC bila terbakar titik nyala api tidak akan meneruskan. Titik nyala api tersebut akan padam dengan sendirinya.
  • Permukaan yang licin
    – Kecepatan aliran Konstant
    – Tidak menimbulkan endapan kotoran
    – Tidak mudah tergerus karena partikel
    – Tahanan aliran yang kecil
    Khusus Pipa PE pipa lebih flexible dan lentur sehingga dapat kita gulung Dan cocok untuk penggunaan pipa pada daerah yang tidak beraturan dan daerah bebatuan.
    Pipa PVC dan PE mampu menerima tekanan air yang tinggi.

Kegunaan

Untuk Saluran Supply Air bersih dan Saluran air kotor/buangan, pelindung kabel listrik yang di tanam di dinding rumah/tanah yang bersifat tidak membusuk/berkarat karena pengaruh cuaca dan alam.

  • Pertama, Pemakaian Tekanan Tinggi : Air Minum, Irigasi, Saluran Bahan Kimia, Sprinkler
  • Kedua, Pemakaian Tekanan Menengah : Air Minum, Irigasi, Pembuangan dan Venting pada Bangunan
  • Ketiga, Tekanan Rendah ; Selokan, Pembuangan Limbah, Pembuangan Bahan Kimia, Pembuangan pada Jalan Raya, Air Hujan
    Telkom : Telkom Duct Sistem.

0FFICE : 031-7505289

WA : 081230013650

EMAIL : dede@lintassinergymandiri.co.id

Regards,
Dede Erga S.P.

Perbedaan Pipa PVC Jenis AW, D dan C

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *