Mengenal Arti dan Keunggulan Pipa HDPE

Arti Pipa HDPE

Pipa HDPE – Singkatan dari High Density Polyethylene adalah, pipa plastik bertekanan yang banyak digunakan untuk pipa air dan pipa gas. Disebut pipa plastik karena material HDPE berasal dari polymer minyak bumi. Oleh karenanya harga material PE dipengaruhi oleh fluktuasi harga minyak bumi.

Polietilena (disingkat PE) (IUPAC: Polietena) adalah termoplastik yang digunakan secara luas oleh konsumen produk sebagai kantong plastik. Sekitar 80 juta metrik ton plastik ini diproduksi setiap tahunnya.

Polietilena adalah polimer yang terdiri dari rantai panjang monomer etilena(IUPAC: etena). Di industri polimer, polietilena ditulis dengan singkatan PE, perlakuan yang sama yang dilakukan oleh Polistirena (PS) dan Polipropilena (PP).

Pemilihan pipa HDPE ini karena bahan plastiknya non-toxic sehingga aman untuk air konsumsi rumah tangga. Hal ini menutup kekurangan pipa besi yang mudah berkarat dan membahayakan bila terminum manusia.

Karena elastis dan kuat, pipa HDPE banyak digunakan masyarakat yang tinggal di lingkungan dengan kontur tanah bebatuan yang curam, rawan gempa, longsor, dan tanah labil. Keberadaan pipa HDPE sudah diakui keunggulannya dan sering digunakan untuk pipa industri, perkebunan, hingga pertanian karena bentuknya yang cocok digunakan untuk kondisi lahan yang sulit.

Pipa HDPE SNI RUCIKA FOOD GRADE

Material Pipa HDPE juga memiliki kualitas dan daya tahan tinggi yang sangat baik sehingga mampu bertahan hingga jangka waktu lebih dari 50 tahun, Sehingga Pipa HDPE tidak Hanya Di gunakan Sebagai Pipa AIr saja Karena Terdapat Banyak PN, Pipa HDPE juga Mampu Dipakai Untuk :

  1. Pipa air
  2. Pipa gas
  3. Pipa zat kimia
  4. Pipa air kotor
  5. Pipa biogas
  6. Aplikasi lainnya diluar fungsi pipa.

Keunggulan dari pipa HDPE diantaranya :

1.Kulitas internasional
2.Fleksibel
3.Tahan terhadap retak
4.Tahan terhadap bahan kimia
5.Ringan
6.Tahan karat
7.Tahan terhadap suhu rendah
8.Variatif dalam metode penyambungan
9.Tahan terhadap segala cuaca
10.Tahan abrasi dan Sedimentasi
11.Pemakain jangka panjang

Jenis-Jenis Pipa HDPE :

  1. Mold Fitting
  2. Compression Fitting
  3. Segmented Fitting
  4. Electrofusion Fitting
Contoh Pipa HDPE Roll

Pipa HDPE Ada yg Roll Ada Juga yang batang, Pipa HDPE Roll biasanya memiliki panjang 100/250 Meter Per-Roll Lalu Pipa HDPE Batang biasanya 6M/Batang Tergantung ukuran masing-masing

Baca Juga : Perbedaan Pipa PVC, PPR dan HDPE

Polyethylene sangat kuat, dan tahan lama baik digunakan untuk cairan zat kimia mapun kegunaan lainnya. PIPA HDPE AKAN MENJAWAB SELURUH KEBUTUHAN PERPIPAAN ANDA PIPA HDPE MENGHEMAT UANG DAN WAKTU Biaya perawatan yang rendah, karena Pipa HDPE mengurangi kemungkinan pecah karena terjadinya pembekuan air didalamnya,memiiki kelenturan yg cukup tinggi.

Kami PT. LINTAS SINERGY MANDIRI Distributor pipa menyediakan berbagai macam pipa HDPE sebagai saluran air bersih bertekanan sebagai pengganti pipa PDAM dengan kualitas terbaik.

Kami juga menyediakan aksesoris fitting hdpe :

1.Aksesoris Fitting Compressiont Joint
2.Aksesoris Fitting Injection
3.Aksesoris Fitting Segmented

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi nomor kantor kami di :
WA: (081230013650)
office : (031-7505289)
dede@lintassinergymandiri.co.id
Website kami di :
lintassinergymandiri.com
lintassinergymandiri.co.id

Arti PN adalah?

Pressure Nominal

Mengenal Arti dan Keunggulan Pipa HDPE

9 tanggapan pada “Mengenal Arti dan Keunggulan Pipa HDPE

  1. Sore pak,saya ada proyek penyulingan pasir dari dalam laut kalau saya pakai pipa hdpe kira” pipa hdpenya tahan sampai berapa tahun ?

    1. Untuk menandai tingkat tekanan yg bisa ditrima pipa hdpe adalah kode PN (pressure nominal) Dimana kode ini pasti diikuti oleh angka yg menunjukan berapa maks kemampuannya menerima tekanan. contohnya pipa hdpe dg kode pn 16 ,itu berarti pipa hdpe tsb sanggup menahan tingkat sebanyak 16×100 (1600 kpa = 16 bar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *