Perbedaan Pipa PVC, PPR dan HDPE

pipa pvc jawa timur

Mari kita mengenal lebih jauh tentang dunia pipa, simak artikel dibawah ini.

Haloo SobatSinergy kemanapun kalian berada semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia hehee, bertemu dengan kami lagi Tim Penulis yang gemar berbagi informasi khususnya dunia perpipaan/plumbing. Sebelumnya telah kami bahas tuntas mengenai Pengertian dan Fungsi Pipa Conduit, Bahas Tuntas Pipa PPR Wavin Tigris Green dan juga Distributor Pipa PVC Supramas MURAH Surabaya. Kali ini akan kami bahas tuntas mengenai Perbedaan Pipa PVC, PPR dan juga HDPE.

Pipa merupakan benda berbentuk selongsong memanjang yang memiliki jenis dan fungsi sebagai penyalur fluida bersifat cair maupun gas untuk membantu, menunjang dan memudahkan kinerja manusia.

Banyak dari masyarakat sekitar kita masih belum memahami dan mengenal perbedaan pipa, baik dari jenis dan fungsinya yang semakin bervariasi dan berkembang.

Artikel kali ini saya akan menjelaskan perbedaan pipa PVC, PPR dan juga HDPE beserta jenis dan fungsi dari pipa yang umum berguna untuk saluran air bersih. Pipanya banyak berguna untuk pemakaian pada gedung bertingkat dan perumahan.

Pipa merupakan pipa PVC, pipa PPR dan Pipa HDPE yang jenis dan fungsinya sering berguna sebagai aplikasi saluran air bersih bertekanan sehingga memudahkan menyalurkan air bersih.

Jenis dan Fungsi

Jadi dari ketiga pipa tersebut memiliki perbedaan jenis dan fungsi masing-masing pipa, sehingga tidak bisa sama antara satu jenis pipa dengan yang lainnya karena memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Pipa PVC

Polyvinyl Chloryde atau biasa kita singkat PVC adalah polimer termoplastik urutan ketiga dalam hal jumlah pemakaian terbanyak dunia dan harganya juga terbilang murah jika banding jenis pipa lainnya.

Polimer Termoplastik ini sangat andal untuk memproduksi berbagai jenis produk PVC antara lain sebagai bahan bangunan yang relatif tahan lama dan mudah untuk merangkainya.

BACA JUGA : JENIS FITTING HDPE SEBAGAI PENYAMBUNG PIPA

Pipa jenis PVC ini memiliki fungsi serta keunggulan antara lain :

  • Mengalirkan air kebutuhan sanitasi
  • Saluran air buangan
  • Merapikan kabel
  • Tidak menghantar api
  • Memiliki permukaan yang licin

Pipa PPR

Jenis dan Fungsi Pipa PPR

Pipa PPR adalah singkatan dari PolyPropylene Random. PPR merupakan pipa steril dari bahan plastik Polypropilene yang tahan terhadap suhu tinggi dan rendah serta tahan terhadap tekanan tinggi sehingga anti bocor.

Jenis PPR memiliki sistem penyambungan pipa dan Fitting yang dapat bersenyawa dalam hitungan detik dan menghasilkan sambungan yang sangat kuat.

BACA JUGA : SPESIFIKASI DAN KEUNGGULAN PIPA POWER

Kekutan pada pipa PPR sendiri jika penggunaan sudah sesuai pengaplikasiannya maka pipa bisa bertahan hingga 100 tahun lamanya.

Pipa jenis PPR ini memiliki jenis dan fungsi keunggulan sebagai berikut :

  • Saluran Supply Air bersih bertekanan baik air panas sampai air dingin
  • Memiliki kulit pipa yang tebal jika banding dengan pipa yang lain
  • Tahan terhadap suhu tinggi dan suhu rendah
  • Memakainya dengan penggunaan lengkap
  • Pipa tidak mudah berkoroi karena cuaca alam
  • Tahan terhadap tekanan air tinggi
  • Pipa juga memiliki keunggulan pada aplikasi saluran yang bersih untuk konsumsi (food grade)

Pipa HDPE

Jenis dan Fungsi pipa HDPE

Manfaat atau fungsi Pipa HDPE

Sebenarnya sangat beragam dan cukup kita ketahui oleh para konstruktur dalam pembangunan pada pedesaan ataupun perkotaan. Jenis dan fungsinya cukup beragam, Untuk lebih jelasnya, berikut akan ada penjelasan beberapa kelebihannya:

  • Saluran Instalasi air bersih
  • Instalasi air pembuangan limbah
  • Saluran air Sanitasi hujan
  • Saluran pengairan air bawah tanah
  • Dapat pilihan sebagai saluran pengairan daerah perkotaan
  • Tahan lama serta kuat sehingga memudahkan penyambungan dengan cara bervariasi

Itulah perbedaan mendasar antara pipa PVC, PPR dan juga HDPE. Jadi dalam pemilihan pipa kita harus lebih cermat dan juga harus sesuai fungsinya. Bagaimana, masih bingungkah? Hehee..

PT Lintas Sinergy Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak bidang Plumbing Division (Meliputi penjualan dan pemasangan pipa mulai dari Pipa PVC, Pipa PPR, Pipa HDPE dan Fitting SNI LENGKAP), Machinery Division (Meliputi penjualan mesin produksi, mesin pengemas hingga penyimpanan), Electrical Division (Meliputi pembuatan website, pemasangan CCTV, pemasangan fire detector, pemasangan panel, dsb) dan General Contractor (Meliputi jasa bangun, renovasi, perawatan bangunan/gedung).
Kami selalu berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik mulai dari produk, pengerjaan hingga pelayanan.
Kami siap bekerja sama dan memenuhi kebutuhan proyek Anda SELURUH INDONESIA.

Kunjungi website kami yang lainnya :

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi nomor kantor kami :
031-7505289 / 081230013650

Pengertian Pipa PVC?

Pipa PVC adalah singkatan dari Polimer Termoplastik urutan ketiga dalam hal jumlah pemakaian di dunia dan harganya yang sangat murah jika dibandingkan dengan jenis pipa lainnya.

Pengertian Pipa PPR?

Pipa PPR adalah singkatan dari PolyPropylene Random. PPR merupakan pipa steril dari bahan plastik Polypropilene yang tahan terhadap suhu tinggi dan rendah serta tahan terhadap tekanan tinggi sehingga anti bocor.

Pengertian Pipa HDPE?

Merupakan singkatan dari High Density Polyethylene, pipa steril yang sangat cocok untuk pengairan air besih dan mampu bertahan hingga 50 tahun.

Regards,
Dede Erga S.P.

Perbedaan Pipa PVC, PPR dan HDPE

5 tanggapan pada “Perbedaan Pipa PVC, PPR dan HDPE

  1. Kalau untuk proyek hotel lebih bagus yang mana ya pak? Bisa dibantu untuk rekomendasi?

    1. untuk proyek hotel bagus semua Pak, tergantung kebutuhannya dan fungsinya pada hotel, jika Bapak butuh untuk saluran air bersihnya pakai HDPE, untuk saluran air panas dan dingin bertekanan bapak bisa gunakan pipa PPR dan untuk sanitasi air buangan dll bapak bisa gunakan pipa PVC, untuk saluran limbah bapak bisa gunakan pipa Limbah SDR41 dan untuk saluran Gas pada hotel Bapak bisa gunakan pipa Besi Hitam SCH40 dan yang untuk yang lainnya masi banyak lagi Pak.

  2. untuk tingkat kekakuan permeter, katakanlah 2 meter, lebih kaku pipa ppr atau pipa pvc ( misal pipa pvc aw) pak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *