Perbedaan Pipa PVC SNI Dan JIS

pipa pvc gresik
PVC SNI DAN JIS

Haloo Sobat Sinergy bertemu lagi dengan kami Tim Penulis yang sangat gemar berbagi informasi terutama mengenai dunia perpipaan/plumbing. Pada kesempatan sebelumnya telah kita bahas tuntas mengenai Tips dan Cara Memilih Pipa Murah Berkualitas, Pengertian dan Fungsi Pipa Conduit dan juga Pengertian Pipa PPR Wavin Tigris Green. Kali ini akan kami bahas tuntas sampai akar mengenai Perbedaan PVC SNI dan JIS, baik tak berlama-lama kita masuk ke pembahasan. Simak baik-baik ya!

PVC SNI DAN JIS

PVC SNI DAN JIS – Nama pipa tidak akan lepas dari kebutuhan perkembangan pembangunan untuk kebutuhan pengairan dan lain-lain, khususnya di Indonesia kebutuhan tersebut sangat banyak dicari karena perkembangan pembangunan untuk fungsi pengairan perumahan dan juga gedung serta pengairan air bersih. Pada saat ini Pipa PVC yang paling banyak digunakan untuk keperluan pembangunan salah satunya di Indonesia.

Pipa PVC sendiri ada beberapa standard yakni Pipa PVC Standar dari SNI (Standar Indonesia) dan Standar dari JIS (Japanese Industrial Standard). Pipa PVC standar dari SNI sendiri adalah pipa thermoplastik yang dipergunakan untuk saluran / instalasi air bersih maupun untuk air konsumsi sesuai Standar Nasional Indonesia dengan nomor SNI-06-0084-2002.

Sedangkan dengan standar daari JIS adalah Dalam hal kualitas, produk material JIS umumnya memiliki karakter dalam tes pengujian yang tinggi. Sehingga dalam hal bahan, produk ini umumnya memiliki ketahanan dan kualitas barang yang optimal. Salah satu contoh yang bisa dirasakan adalah jenis pipa pvc JIS.

Jenis pipa pvc ini umumnya memiliki usia pemakaian lebih lama dibanding jenis pvc konvensional. Yakni hingga 30 tahun, dan pipa pvc kebanyakan hanya berusia rata-rata 5 tahun. Banyak keunggulan yang bisa kita dapat dengan menggunakan jenis pipa pvc berstandar JIS. Karena jenis produk ini umumnya menggunakan bahan aditif khusus yang dapat dapat memreduksi sinat UV (matahari). Sehingga saat terpapar, bahan pipa tak mudah rusak.

Dalam hal pemakaian, jenis pipa berstandar JIS juga umumnya lebih tahan terhadap bahan kimia, baik yang besifat asam dan basa. Sehingga produk ini sangat cocok untuk jenis saluran air bersih dan buangan. Bahan yang terbuat dari plastik membuat jenis pipa ini tak mudah berkarat, sehingga fungsinya untuk menyalurkan air bersih memiliki tingkat pencemaran sangat kecil.

Beberapa Kegunaan Pipa PVC SNI antara lain :

  1. Instalasi air bersih maupun air minum
  2. Sebagai Project Industri
  3. Project PU
  4. Real Estate
  5. Dll

Pipa Jenis Standar SNI memiliki dua system penyambungan, yaitu :

1.Sistem penyambungan Rubber Ring

adalah penyambungan yang menyatu antara ujung yang satu dengan fitting menggunakan semacam ring karet.

2. Penyambungan Solvent Cement

adalah system penyambungan dengan cara menyatukan antara ujung satu dengan fitting menggunakan lem.

Beberapa kelebihan Pipa PVC Standar SNI antara lain :

  • Kuat, tidak mudah pecah maupun bocor
  • Pemasangannya yang cukup mudah
  • Tahan terhadap bahan kimia
  • Tidak mudah berkarat
  • Mudah dalam transportasi karena ringan

PT Lintas Sinergy Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak bidang Plumbing (meliputi penjualan dan jasa pemasangan pipa PVC, PPR, HDPE, Limbah dan juga pipa Gas), General Contractor (meliputi jasa bangun, renovasi dan pemeliharaan gedung maupun rumah), Machinery (meliputi penjualan mesin industri maupun perumahan lokal dan impor mulai dari mesin produksi, pengemas/packing hingga penyimpanan/storage Elektrikal (meliputi jasa pembuatan website, pemasangan CCTV, pemasangan fire detector, penerangan bangungan dsb.)

WA : 081230013650

OFFICE : (031)7505289

EMAIL : dede@lintassinergymandiri.co.id

Regards,
Dede Erga S.P.

Perbedaan Pipa PVC SNI Dan JIS

3 tanggapan pada “Perbedaan Pipa PVC SNI Dan JIS

    1. JIS merek Rucika AW
      2.5″ = Rp 235.700
      2″ = Rp 183.200
      1.5″ = Rp 129.000

      JIS merek Rucika D
      2.5″ = Rp 135.000
      2″ = Rp 85.300
      1.5″ = Rp 67.600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *