PIPA PVC STANDAR JIS

PIPA PVC STANDAR JIS

Pipa PVC Standar JIS – Dalam kehidupan sehari-hari sudah umum penggunaan pipa PVC atau sering sekali kita sebut pipa paralon. Kecuali installasi yang memerlukan jenis pipa khusus, seperti pipa untuk saluran minyak atau saluran gas. Namun dalam artikel ini kita akan membahas tentang pipa PVC atau pipa PARALON.

     Poly Vinyl Cloride yaitu kepanjangan dari PVC  (IUPAC: Poli(kloroetanadiol)), adalah polimer thermoplastic Lebih dari 50%  industry di dunia menggunakannya. Selain dalam bentuk pipa,  PVC juga sering digunakan sebagai bingkai pintu dan jendela, bahkan  juga digunakai untuk pakaian dan tas.

     Dirata-ratakan masyarakan Indonesia banyak yang memakai pipa dengan pipa Standard JIS (Japanese Industrial Standard). Tapi khusus untuk PDAM menggunakan standar SNI (Standar Nasional Indonesia).

Mengapa masyarakat Indonesia  tidak semuanya memakai SNI ?

Inilah lemahnya posisi industry kita dimana masih banyak produk-produk yang diimport sehingga kita harus menyesuaikan dengan tehnologi yang akan kita pakai.

    Pipa PVC Standar JIS ini dibagi menjadi 3 jenis Yaitu Pipa class AW, pipa class D dan Pipa class C. Perbedaan Class tersebut atas dasar ketebalan dindingnya, ini timbul karena adanya bermacam kebutuhan atau penggunaan..

Ketiga class tersebut memakai satuan inchi dan memiliki panjang yang sama rata-rata 4 meter, sedangkan ukuran diamaternya bermacam-macam.

 

  • Pengertian pipa PVC class AW, D dan C

PIPA CLASS  AW

   pipapvcaw.com

 

 Pipa jenis AW ini adalah pipa yang mempunyai dinding paling tebal, karena pipa ini diperuntukkan bagi saluran air yang bertekanan. Mampu menahan tekanan 10 kgf/cm2. Biasa digunakan pada instalasi pompa air ataupun saluran pendistribusian air.

Diameter pipa class AW ini adalah: ½ “, ¾”, 1”, 1¼”,1½”, 2”, 2 ½”, 3”, 4”, 5”, 6”, 8”, 10” (atau lebih).

PIPA CLASS D

  pipapvctyped.com

Pipa jenis class D ini dindingnya tidak begitu tebal, hanya mampu menahan tekanan 5 kgf/cm2. Biasa digunakan pada installasi saluran pembuangan, sehinnga tidak mendapat tekanan yang tinggi.

Diameter pipa class D ini adalah : 1¼”,1½”, 2”, 2 ½”, 3”, 4”, 5”, 6”, 8”, 10” (atau lebih).

PIPA CLASS C

Pipa jenis ini ukuran dindingnya tipis. Bukan untuk instalasi bertekanan, karena fungsinya hanya sebagai pelindung saja. Biasa digunakan untuk instalasi kabel listrik dalam tembok atau luar tembok, tujuannya agar material lain tidak bisa masuk dalam pipa.

Diameter pipa class C ini adalah: 5/8”, ½ “, ¾”, 1”, 1¼”,1½”, 2”, 2 ½”, 3”, 4”, 5”,

Demikian artikel penjelasan mengenai pipa PVC ini. Semoga bermanfaat dan semua pilihan tergantung  dan kebutuhan konsumen.

Regard’s
Nur Islamiyah

PT.Lintas Sinergy Mandiri

Office: Jl. Granit Nila 1.1 No 23 Kota Baru Driyorejo Gresik-Jawa Timur
Web:   www.lintassinergymandiri.co.id
           www.hargapipaterbaru.com
           www.hargapipahdpe.com
           www.jualfittingpipa.com
           www.mesinhdpe.net
Telp:   (031)7505289
HP:     081330187212

E-mail : iis@lintassinergymandiri.co.id

 

 

PIPA PVC STANDAR JIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *