Perbedaan Pipa PVC dan HDPE

PENGERTIAN DAN PERBEDAAN PIPA PVC DAN HDPE

  • Pengertian

PIPA PVC (Polivinyl Chlorida) adalah pipa yang terbuat dari bahan thermoplastic vinyl klorida sehingga sering disebut dengan pipa plastic. Bahan Thermoplastik tersebut  terbuat dari bahan minyak bumi dengan cara daur ulang sejak tahun 1835 oleh Henri Victor Regnault.

PIPA HDPE (High Density Polyethilene) adalah pipa yang terbuat dari bahan polyethylene dengan kepadatan yang sangat tinggi sehingga pipa yang dihasilkan bisa menahan tekanan yang sangat tinggi. Berdasarkan tekanan jenis pipa ini menggunakan jenis skala PN (pressure nominal) yaitu kg/cm2.

  • Perbedaan

Perbandingan pipa pvc dan pipa hdpe antara lain :

PIPA HDPE PIPA PVC
Sifat/Karakteristik pipa hdpe sangat lentur, sehingga mudah dalam pemasangannya sekalipan dibawah tanah dengan tekstur tanah yang tidak merata, dengan sifatnya yang lentur tersebut bisa mengurangi penggunaan fitting.

 

Sedangkan sifat/karakteristik pipa pvc kurang lentur sehingga dalam pemasangan dibutuhkan medan yang merata dan bisa menghabiskan banyak fiting

 

Tidak mempunyai potensi terkontaminasi sinar uv sehingga tidak dimungkinkan lumut akan tumbuh. Untuk pipa pvc putih sangat tahan terhadap sinar uv tetapi tidak bisa mencegah tumbuhnya lumut, sebaliknya  untuk pipa pvc abu-abu mampu mencegah tumbuhnya lumut tetapi akan menyerap sinar uv.
Pipa hdpe selain bisa untuk saluran air bersih dan aliran pembuangan juga bisa sebagai instalasi air minum karena jenis pipa ini sudah termasuk standar food greet. Pipa pvc hanya digunakan untuk instalasi saluran air bersih dan aliran pembuangan.
Harganya lebih mahal daripada pvc. Harganya lebih murah hingga 40% daripada pvc.

 

Dari keterangan diatas mulai dari pengertian dan perbedaan tentu sangat signifikan bukan? Untuk yang masih dilema dengan kebutuhan pipa, setelah membaca artikel ini mungkin akan sedikit membantu.

Yaa.. pastinya dari bahan, harga, dan kegunaan, semua masih unggul pipa hdpe. Tapi tergantung kebutuhan anda silahkan dipilih mana yang terbaik menurut kebutuhannya, karena setiap kebutuhan tentu berbeda-beda kegunaanya.

Perbedaan Pipa PVC dan HDPE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *