Perbedaan Pipa PPR dan HDPE

Pipa PPR

Sehubungan dengan Banyaknya Jenis Pipa, banyak masyarakat yang belum mengenal perbedaan dan Jenis Pipa pipa PPR dan pipa HDPE yang merupakan dua jenis pipa dengan karakter dan cara penyambungan yang berbeda.

pipa PPR sendiri merupakan singkatan dari Polypropylene Random yang merupakan bahan plastik dari minyak bumi yang memiliki karateristik yang begitu unik.

Keunikan karakteristik material ini adalah tahan terhadap suhu tinggi maupun rendah dan tahan terhadap tekanan yang tinggi.

Dari karakteristiknya dapat kita ketahui material pipa PPR digunakan untuk membuat pipa yang bertekanan yang dapat mengalirkan air panas dan air dingin.

Selain dapat mengalirkan air panas, Pipa PPR juga digunakan untuk instalasi pipa pendingin ruangan.

Dan pipa PPR memiliki sifat tahan terhadap kontaminasi bahan kimia dan juga dapat digunakan untuk mengalirkan air siap minum atau makanan cair karena materialnya yang non-toxic dan anti karat.

Pipa PPR jenis ini sudah sangat popular di dunia dan telah menggeser penggunaan pipa logam yang materialnya tidak tahan karat dan bobotnya yang berat.

Pipa PPR banyak digunakan di hotel, apartemen, rumah sakit, perumahan hingga industri karena sifat ketangguhan dari material nya.

Spesifikasi pipa dan fitting Pipa PPR adalah sebagai berikut :

1. Pipa PN-10 dan PN-20 standardnya adalah DIN 8077 – 8078 dan ISO 9001: 2000

2. Fitting PN-25 standardnya adalah DIN 16962 dan ISO 9001: 2000

Untuk pipa hanya menggunakan satu jenis fitting yaitu fitting PN-25. Di dalam standard pipa plastik, fitting yang digunakan standardnya harus lebih tinggi dari pipa.

Pipa PPR yang banyak dijual di Indonesia memiliki ciri khas berwarna hijau.

Salah satu contoh terbaik yang ada di Indonesia adalah Pipa PPR Rucika merupakan pipa dan Fitting PPR produksi dari Indonesia dengan Material dari Polypropylene Random Type – 3 yang tangguh dan mampu menahan aliran air hingga suhu 95oC.

Pipa PPR Rucika Green

Rucika Kelen Green di produksi berdasarkan standar DIN Jerman dan sudah bersertifikat Food Grade yang tersedia dari diameter 20mm hingga 160mm.

Pipa PPR mempunyai 3 kelas dibedakan berdasarkan PN (pressure nominal/ nominal tekanan) yang terdiri atas PN10, PN16 dan PN20 dengan ciri yang berbeda.

Macam macam Pipa PPR berdasarkan Pressure nominal :

Pn 20 (Hot)

Pipa PPR PN 20, pipa kelas ini dapat menahan tekanan hingga 20 bar dengan ciri 4 strip merah di badan pipa yang digunakan untuk mengalirkan air panas.

Pn 16 (Hot/Cold)

Pipa PPR PN 16, yang dapat menahan tekanan hingga 16 bar dengan ciri 4 strip kuning yang digunakan untuk mengalirkan air panas atau dingin, dan yang terakhir

Pn 10 (Cold)

Pipa PPR PN 10 yang dapat menahan tekanan hingga 10 bar dengan ciri 4 strip biru yang dapat digunakan untuk mengarikan air dingin.

Material dari Polypropylene Random Type – 3 yang tangguh dan mampu menahan aliran air hingga suhu 95oC. Rucika Kelen Green di produksi berdasarkan standar DIN Jerman dan sudah bersertifikat Food Grade yang tersedia dari diameter 20mm hingga 160mm.

Selain pipa, juga menyediakan sambungan pipa dengan variasi yang lengkap hingga ukuran 160mm.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki menjadikan Pipa PPR merupakan pilihan tepat untuk mengalirkan air panas atau air dingin bertekanan, mengalirkan air kontaminasi bahan kimia, dapat digunakan untuk pipa instalasi pendingin ruangan hingga dapat digunakan untuk mengalirkan air siap minum dan makanan cair .

Pipa PPR adalah pipa air bersih yang akan memberikan kita keuntungan, antara lain :

  • Bebas biaya perawatan.
  • Hasil sambungan pipa yang dipanaskan akan bersenyawa dengan fitting sehingga tidak akan terjadi kebocoran.
  • Mempunyai umur minimum 50 tahun.
  • Untuk instalasi pemanas air tidak perlu diisolasi.
  • Tahan terhadap tekanan dan temperatur tinggi.
  • Tahan benturan terhadap benda keras dan tidak mudah pecah seperti pipa plastik lain.
  • Mempunyai daya tahan yang baik terhadap kimia.
  • Tidak akan berkarat.
  • Tidak terjadi penggelupasan pada dinding bagian dalam pipa karena dinding lebih halus.
  • Memenuhi standard untuk instalasi pemanas air siap minum (Food Grade).
  • Sistem pengerjaannya sangat mudah dan cepat.

Pipa PPR sangat cocok digunakan pada semua jenis proyek untuk instalasi :

  • Air Panas
  • Air Bersih
  • Air Minum
  • Air Chiller / AC
  • Air Kimia
  • Dan lain-lain.

Dapat disimpulan bahwa pipa PPR sangat baik untuk diaplikasikan sebagai pipa air bersih bertekanan yang memiliki standard food grade dan memiliki ketahanan terhadap suhu panas hingga mencapai 95˚ C (Celcius).

Pipa HDPE

Jika sudah mengenal pipa PPR maka lain dengan pipa HDPE, Pipa HDPE merupakan (High Density Polyethylene) bahan baku untuk jenis Plastik HDPE.

Dari hasil pipa plastik yang di produksi terciptalah pipa HDPE bertekanan yang banyak digunakan untuk pipa air dan pipa gas. Disebut pipa plastik karena material HDPE berasal dari polymer minyak bumi.

Oleh karenanya harga material PE dipengaruhi oleh fluktuasi harga minyak bumi. Membutuhkan 1,75 kg minyak bumi (sebagai energi dan bahan baku) untuk membuat 1 kg HDPE.

HDPE dapat didaur ulang, dan memiliki nomor 2 pada simbol daur ulang. Pada tahun 2007, volume produksi HDPE mencapai 30 ton.


HDPE memiliki percabangan yang sangat sedikit, hal ini dikarenakan pemilihan jenis katalis dalam produksinya (katalis Ziegler-Natta) dan kondisi reaksi.

Karena percabangan yang sedikit, HDPE memiliki kekuatan tensil dan gaya antar molekul yang tinggi. HDPE juga lebih keras dan bisa bertahan pada temperatur tinggi (120oC).

Beberapa kegunaan HDPE untuk perpipaan, antara lain :

  1. Pipa air
  2. Pipa gas
  3. Pipa zat kimia
  4. Pipa air kotor
  5. Pipa biogas
  6. Aplikasi lainnya diluar fungsi pipa.

Pipa HDPE sangat sering kita jumpai di berbagai tempat untuk diaplikasikan sebagai saluran air bersih dan juga sebagai pembungkus kabel tanam dalam tanah maupun pembungkus kabel sutet.

Selain itu, produk yang satu ini tidak mudah rusak karena pengaruh lingkungan. Karena ketahanan terhadap suhu lingkungan sekitar mencapai 60 derajat celsius, membuat pipa ini juga cocok dipasang dikawasan tropis seperti Indonesia.

Sementara sebelum digunakan untuk saluran air bersih, pilihan produk pipa besi sering digunakan karena pertimbangan kekuatan. Hanya saja, kepercayaan tersebut runtuh karena permasalahan karat yang membuat usia penggunaan produk lebih pendek.

https://www.lintassinergymandiri.co.id/perbedaan-pipa-ppr-dan-hdpe/

Info lebih lanjut hubungi :

081230013650 / (031)7505289

EMAIL : dede@lintassinergymandiri.co.id

Regards,
Dede Erga S.P.

Pipa PPR PN 20
Pipa HDPE SNI 6M/Btg
Pipa HDPE SNI Roll

Perbedaan Pipa PPR dan HDPE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *