Fungsi Fitting Untuk Dunia Perpipaan

Mengenal Fungsi Fitting

fitting pipa

Apa si yang kita maksud dengan fitting? Mari kita bahas bersama tentang beberapa fungsi fitting.

Fungsi fitting dalam dunia perpipaan adalah bagian dari instalasi pemipaan yang berfungsi sebagai penyambung antar pipa atau sebuah benda yang kita pergunakan untuk menyambung dua buah pipa atau lebih dan sebagai bagian akhir pemipaan / outlet fitting. Karena sangat pentingnya fungsi fitting untuk kebutuhan perpipaan, oleh karena itu dunia perpipaan tidak akan bisa lepas dari fitting untuk memenuhi kebutuhan instalasi.

Banyak jenis fitting yang harus kita kenal dalam instalasi pipa, baik pipa PVC, HDPE, Besi dan lain-lain. namun yang perlu kita kenali adalah nama dan bentuk fitting tersebut agar kita tidak salah dalam membeli kebutuhan fitting pipa. Ada banyak jenis fitting dari berbagai bahan, fitting yang umum kita pakai misalnya: Elbow, Tee, Reducer, Stube in, Caps, dll.

1. Elbow

Elbow adalah jenis fitting yang pertama, elbow merupakan komponen pemipaan yang berfungsi untuk membelokan arah aliran. Layaknya tikungan kalau kita sedang berada pada jalan, tikungan tersebut mau tidak mau membuat kita berbelok arah ketika melaluinya, begitu pula elbow yang bertugas untuk membelokan aliran fluida. Elbow terdiri dari dua jenis yang paling umum yaitu 45 dan 90 derajat. Untuk memperoleh sudut selain sudut atas, terkadang elbow tersebut kita potong. Atau bisa juga dengan mengunakan dua elbow yang kita satukan untuk memperoleh sudut tertentu.

Dipasaran, elbow terbagi menjadi dua tipe, tipe sort radius dan long radius. Namum umumnya kita gunakan long radius, yang memiliki diameter belokan 1.5 kali NPS (nominal Pipe size)nya. Ada pula yang sampai dengan 3D atau bahkan 6D, yang biasa berguna untuk flare.

2. Tee

Tee dalam fitting bertugas untuk membagi aliran, adalah koneksi fitting yang memiliki cabang. Biasanya cabangnya ini ukurannya sama dengan ukuran pipa utamanya, kita menyebutnya dengan straight tee. Sedangkan kalau berbeda, kita menyebutnya dengan reducing tee.

Straigh tee dan reducing tee

Seperti kalau pada jalan, kalau tee ini kita analogikan sebagai pertigaan. Ngomong tentang pertigaan, berarti tidak semua nya harus tegak lurus dong? Benar, memang ada tee yang tidak tegak lurus, ia membentuk sudut 45 derajat. Kita mengenalnya dengan lateral Tee, yang penggunaanya biasanya untuk pressure yang rendah.

3. Reducer

Reducer, sesuai namanya fitting jenis ini bertugas untuk me-reduce (mengurangi) aliran fluida. Menguranginya bukan seperti valve, tapi ukuran pipanya saja yang berkurang. Jadi reducer ini akan bertugas untuk mengabungkan dari diameter yang lebih besar ke yang kecil, atau sebaliknya.

Dalam reducer ini, kita akan mengenal dua jenis reducer yaitu concentrik reducer dan satu lagi adalah eccentrik reducer. Keduanya memiliki peran yang berbeda.

4. Stub-in

stub-in

Stub-in, adalah jenis fitting yang fungsinya mirip dengan tee, yaitu membagi aliran. Bedanya dengan tee, kalau tee adalah item yang terpisah, ia mengabungkan beberapa pipa. namun kalau stub-in, percabangan langsung dari pipa utamanya yang fungsinya mengantikan reducing tee.

5. Fitting Cap

 
 

Pipe caps fitting berfungsi untuk menghentikan aliran pada ujung pipa, fitting ini kita las langsung pada pipa utama. Ada juga penutup aliran fluida yang dapat kita bongkar dan kita lepas, namun biasanya menggunakan sambungan flange, lebih tepatnya blind flange.

Tadi adalah sebagian contoh fitting pipa yang ada dan masih ada fitting-fitting lain yang masi belum saya tuliskan. Semoga bisa menjadi salah 

PT.Lintas Sinergy Mandiri
Office: Jl. Granit Nila 1.1 No 23 Kota Baru Driyorejo Gresik – Jawa Timur
Telp : (031)7505289
HP : 081230013650
PT Lintas Sinergy Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak bidang Plumbing Division (Meliputi penjualan dan pemasangan pipa mulai dari Pipa PVC, Pipa PPR, Pipa HDPE dan Fitting SNI LENGKAP), Machinery Division (Meliputi penjualan mesin produksi, mesin pengemas hingga penyimpanan), Electrical Division (Meliputi pembuatan website, pemasangan CCTV, pemasangan fire detector, pemasangan panel, dsb) dan General Contractor (Meliputi jasa bangun, renovasi, perawatan bangunan/gedung).
Kami selalu berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik mulai dari produk, pengerjaan hingga pelayanan.
Kami siap bekerja sama dan memenuhi kebutuhan proyek Anda di SELURUH INDONESIA.

juga melayani jasa pemasangan pipa yang terkerjakan oleh tim ahli kami. Klik jasapemasanganpipa.com
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi nomor kantor kami
(031-7505289)


FAQ

Apa yang dimaksud fitting pipa?

Penyambung antar pipa atau sebuah benda yang dipergunakan untuk menyambung dua buah pipa atau lebih dan sebagai bagian akhir pemipaan / outlet fitting. Dikarenakan sangat pentingnya fungsi fitting untuk kebutuhan perpipaan, oleh karena itu dunia perpipaan tidak akan bisa lepas dari fitting untuk memenuhi kebutuhan instalasi.

fitting elbow?

Elbow merupakan komponen pemipaan yang berfungsi untuk membelokan arah aliran. Layaknya tikungan kalau kita sedang berada di jalan, tikungan tersebut mau tidak mau membuat kita berbelok arah ketika melaluinya, begitu pula elbow yang bertugas untuk membelokan aliran fluida. Elbow terdiri dari dua jenis yang paling umum yaitu 45 dan 90 derajat.

081230013650 / (031)7505289

Email: dede@lintassinergymandiri.co.id

Regards,
Dede Erga S.P.

Fungsi Fitting Untuk Dunia Perpipaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *