Mengenal jenis fitting hdpe

Mengenal jenis fitting hdpe adalah

Mengenal jenis fitting hdpe

Mengenal jenis fitting hdpe dalam artikel ini saya akan membahas tentang fitting hdpe,fitting atau sambungan pipa yaitu komponen dalam pipa yang berfungsi mengubah aliran untuk memperbesar atau memperkecil aliran pada air,Tanpa sambungan ini akan sulit memasang pipa hdpe karena sambungan pipa juga memiliki  peran yang penting karena berfungsi untuk membelokan arah.

Berikut penjelasan tentang jenis fitting hdpe :

1.Elbow 45 dan Elbow 90 

Elbow memiliki 2 jenis yaitu Elbow 45 dan Elbow 90 derajat. Elbow 45 adalah fitting hdpe yang berfungsi untuk membelokan arah aliran air dengan setengah bentangan. Sedankan Elbow 90  adalah fitting hdpe yang berfungsi untuk membelokan arah aliran air dengan membentang penuh. Selain2 macam elbow tersebut apabila anda ingin sudut selain sudut yang saya sebutkan anda bisa membuat elbow sendiri. Biasanya sering disebut dengan elbow segmented / elbow fabrikasi.

FittingCompression Joint PE Elbow 90

2.Tee  

Fitting hdpe tee merupakan koneksi fitting yang memiliki cabang dan masing – masing cabang memiliki ukuran yang sama dengan ukuran pipa utama yang biasa di sebut dengan straight tee sedangkan masing – masing cabang yang berbeda disebut dengan reducer tee.

3.Reducer tee 

Reducer tee mempunyai fungsi yang hampir sama dengan tee yaitu membagi aliran air,berbeda dengan tee adalah membagi  aliran air.Namun reducer tee percabangan langsung dengan pipa hdpe,yang berfungsi menggantikan reducer tee.

4.Stub end

Berbeda dengan fitting yang telah saya jelaskan di atas,Stub end berfungsi untuk menghentikan aliran pada ujung pipa dan juga membuat penutup aliran yang bisa di bongkar dan di lepas tetapi harus dengan sambungan flange adaptor

Selain jenis fitting yang saya jelaskan di atas ada bermacam-macam jenis aksesoris pipa yang berfungsi untuk penyambungan pipa yang lain,berikut jenis aksesoris fitting hdpe:

5.Socket

socket biasanya di gunakan untuk menyambung pipa bertujuan untuk memperpanjang pipa  dengan menyambung lurus satu pipa dengan yang lain

6.Flange

Flange merupakan mekanik yang bertujuan untuk menyambungkan dua  pipa masing-masing memakai flange, flange yang akan dipasang dikombinasi dengan mur dan baut.

Baca : Komponen penunjang dalam perpipaan

Kunjungi : website kami 

Mengenal jenis fitting hdpe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *