Apa itu PN?

Apa itu PN?

Apa itu PN? Dalam sistem pemipaan terdapat berbagai macam istilah yang belum kita ketahui. Salah satunya yaitu PN atau yang biasa disebut Pressure Nominal. Pressure Nominal (Nominal Tekanan) merupakan salah satu istilah yang digunakan sebagai kode ukuran tekanan pada suatu sistem pemipaan.

Apa itu PN? Selama ini, kebanyakan kita hanya mengetahui tentang ukuran diameternya saja tanpa tau ukuran tekanannya. Padahal dalam memilih suatu pipa kita harus mengetahui mulai dari ukuran diameter, Standard Dimention Ratio dan ukuran tekanannya. mengapa demikian? karena setiap pipa memiliki fungsi dan kapasitas yang berbeda tiap ukurannya.

Salah satu contohnya yaitu dalam sistem pemipaan pipa HDPE, pipa HDPE memiliki nilai Nominal Pressure terkecil PN 6,3 dan nilai tertinggi PN 16.

  • HDPE PN 6,3

Untuk pipa HDPE ukuran PN 6,3 ini, biasanya digunakan untuk instalasi air bertekanan rendah atau tanpa tekanan. 

  • HDPE PN 8

Untuk pipa HDPE ukuran PN 8, biasanya digunakan untuk instalasi air bertekanan rendah tak sampai 8 bar.

  • HDPE PN 10

Untuk pipa HDPE PN 10, biasanya digunakan untuk instalasi air yang bertekanan. pipa jenis ini bisa digunakan untuk semua jenis instalasi air. Selain itu, pipa HDPE PN 10 juga bisa digunakan untuk penyambungan dengan jenis pipa lainnya.

  • HDPE PN 12.5

Untuk pipa HDPE PN 12.5, biasanya digunakan untuk instalasi saluran pipa yang berada didaerah perkotaan atau didaerah yang kontur tanahnya sulit dijangkau.

  • HDPE PN 16

Untuk pipa HDPE PN 16, biasanya digunakan untuk instalasi saluran air yang memiliki tekanan tinggi. pipa HDPE PN 16 ini juga bisa digunakan untuk instalasi air minum.

 

 

 

 

 

 

 

 

Apa itu PN?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *