Pipa HDPE dan Sistem Penyambungannya

pipa HDPE

https://www.lintassinergymandiri.co.id/wp-admin/post.php?post=2001&action=editHDPE Indonesia

PIPA HDPE

HDPE Indonesia

HDPE Indonesia – Pipa HDPE (High Density Poly Ethylene) adalah pipa yang berfungsi untuk aplikasi air minum bertekanan, yang terbuat dari Poly Ethylene (PE). Pipa HDPE adalah pipa terbaik dari pada pipa lainnya, Selain itu pipa hdpe juga tahan terhadap segala macam bahan kimia karena pipa HDPE memiliki daya tahan yang istimewa terhadap berbagai bahan kimia, baik dalam komdisi asam maupun basa sangat kuat.

Desain pipa HDPE yang lentur atau elastis sehingga memudahkan untuk transportasi dan penyambungannya. Pipa HDPE tahan karat karena pipa HDPE dibuat dari bahan Polyethylene yang bersifat non corrosive.

Permukaan pipa HDPE yang licin menjadikan pipa ini tahan terhadap abrasi dan sedimentasi. Pipa HDPE juga tahan terhadap suhu rendah karena memiliki brittleness point atau titik rapuh jauh di bawah 0˚ Celcius, Sehingga tidak ada masalah dalam penggunanan suhu yang rendah. sehingga sangat cocok untuk dijadikan untuk pipa air minum.

Pipa HDPE berbeda dengan pipa pvc yang dimana pipa HDPE tahan terhadap retak karena pipa HDPE dibuat dari baha Polyethylene, yang memiliki sifat crack resistance yang tinggi.

Jika dilihat dari kekuatannya pipa HDPE mampu bertahan hingga ketahanan mencapai usia ±50 Tahun, oleh karena itulah maka predikat pipa terbaik dapat disandangkan pada pipa ini.

Pipa HDPE

Gambar : Pipa HDPE

UKURAN

Pipa HDPE adalah pipa yang memiliki berbagai ukuran, mulai dari ukuran 20 mm sampai ukuran 1600 mm (Berdasarkan permintaan). Pipa HDPE memiliki 5 tekanan bar yang disebut SDR (Standard Dimension Ratio) dan PN.

SDR adalah satuan yang digunakan untuk mengetahui ketebalan pipa (Wall Thickness). Sedangkan PN adalah ketahanan pipa HDPE terhadap tekanan dari dalam. Tekanan bar pipa HDPE memiliki tebal yang berbeda, tergantung dari ukuran pipa HDPE.

5 macam tekanan bar pipa HDPE, antara lain :

SDR 11 dengan PN 16

SDR 13,6 dengan PN 12,5

SDR 17 dengan PN 10

SDR 21 dengan PN 8

Pengertian tekanan Bar atau SDR yang saya maksud adalah standard dimension ratio atau SDR adalah satuan yang digunakan untuk mengetahui ketebalan pipa (wall thickness).

Sedangkan PN adalah kata lain dari SDR dan PN sendiri adalah ketahanan pipa hdpe terhadap tekanan dari dalam. atau pengertian lainnya juga termasuk berfungsi untuk tekanan Bar pada pipa.

CARA PENYAMBUNGAN

Pipa hdpe merupakan pipa yang istimewa karena berbagai spesifikasi yang dimilikinya. Sehingga pipa hdpe merupakan solusi terbaik untuk proyek air bersih yang sedang anda kerjakan.

Pipa hdpe dapat menggantikan pipa yang pernah anda gunakan sebelumnya. Karena pipa hdpe minim perbaikan dan walaupun ada perbaikan maka sangat singkat untuk memperbaikinya.

Pipa hdpe mudah dalam penyambungan dan memiliki beberapa metode penyambungan, antara lain :

Metode penyambungan menggunakan Compression Joint

Adalah metode yang digunakan untuk penyambungan pipa hdpe Sambungan Rumah (SR) dengan ukuran pipa hdpe 1/2 inch, 3/4 inch, 1 inch, 1 1/4 inch, 1 1/2 inch, 2 inch, 2 1/2 inch, dan 3 inch.

Compression joint memiliki aneka type aksesoris compression hdpe yang dimana bentuk aksesorisnya memiliki drat dalam, maka untuk menyambung pipa hdpe anda tinggal memutar aksesoris dengan ujung pipa hdpe.

Metode penyambungan menggunakan Butt Joint

Adalah metode yang digunakan untuk penyambungan bak penampung air ke sambungan SR atau sambungan rumah dengan ukuran pipa hdpe 3 inch, 4 inch, 5 inch, 6 inch, 8 inch, 10 inch, 12 inch, 14 inch, 16 inch, 18 inch, 20 inch, 22 inch, 24 inch, sampai 42 inch.

Butt joint memiliki aneka type aksesoris butt fusion yang dimana bentuknya tanpa drat, sehingga untuk menyambung antara pipa hdpe dengan aksesoris pipa hdpe anda membutuhkan mesin las pipa hdpe.

Metode Penyambungan menggunakan Welding Machine

Adalah metode penyambungan untuk pipa hdpe mulai dari ukuran pipa hdpe 1.1/2 inch sampai 42 inch.

Cara menyambung pipa hdpe dengan mesin las pipa hdpe adalah dengan memanaskan ujung pipa bertemu dengan ujung aksesoris butt fusion hdpe.

Mesin Las Pipa HDPE memiliki 2 type yaitu manual dan hidrolik dengan berbagai ukuran. Sedangkan mesin las pipa hdpe manual memiliki 2 type yaitu type push hand dan type rotation.

Metode Penyambungan menggunakan Socket Fusion

Adalah metode penyambungan yang terbilang tradisional karena metode ini membutuhkan mesin las pipa ppr yang berbeda dengan mesin las pipa hdpe.

Begitu juga untuk aksesorisnya yang membutuhkan aksesoris pipa hdpe socket fusion.

Penyambungan metode ini biasanya digunakan untuk ukuran pipa kecil dan mengeluarkan anggaran sedikit namun memiliki proses kerja yang cukup lama.

Metode Penyambungan menggunakan Electro Fusion

Adalah metode penyambungan yang digunakan untuk proyek gas yang menggunakan pipa hdpe dan pipa mdpe. Metode penyambungan ini berbeda dengan metode lainnya.

Karena menggunakan mesin las pipa hdpe electro fusion dan aksesoris pipa hdpe electro fusion. Dengan car kerja mengaliri listrik antara mesin las pipa hdpe electro fusion dengan aksesoris electro fusion.

Pipa HDPE Roll

WA : 081230013650

OFFICE : 031-7505289

EMAIL : dede@lintassinergymandiri.co.id

Regards,
Dede Erga S.P.

Pipa HDPE dan Sistem Penyambungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *