Pipa HDPE Untuk Budidaya Hidroponik

pipa HDPE

Pipa HDPE Untuk Budidaya Hidroponik

Hidroponik merupakan salah satu metode budidaya tanaman yang saat ini sedang digemari. Metode budidaya ini tergolong simpel karena media tumbuhnya hanya menggunakan air. Sebelum membahas jauh mengenai budidaya hidroponik, sebaiknya kita mengetahui dulu apa arti kata dari hidroponik itu sendiri. Hydro sendiri mempunyai arti kata air. Jadi, metode hidroponik adalah suatu metode/ cara budidaya tanaman dengan memanfaatkan air sebagai media tanamnya yang sudah ditambahkan nutrisi.

how-to-build-a-hydroponic-system-gardening-ideas-how-to-build-a-hydroponic-system

Budidaya Tanaman Hidroponik

Budidaya tanaman hidroponik ini sangat ramah lingkungan,  sebab tidak perlu herbsida maupun pestisida. Metode ini juga hemat air karena pada metode ini tak perlu dilakukan penyiraman pada tanamannya. Meskipun tak perlu tanah untuk medianya , tetapi metode ini masih perlu zat pendukung sebagai media pertumbuhan tanamannya.

Metode Hidroponik ini sendiri memiliki beberapa kelebihan diantaranya :

  • Metode hidroponik lahannya fleksibel, bisa ditanam dimanapun.
  • Tanaman hidroponik jarang sekali memiliki masalah penyakit dan hama.
  • Tempat bertanam lebih bersih dibandingkan dengan cara menanam di tanah.
  • Anda bisa lebih menghemat tenaga
  • Menghemat atau mengurangi penggunaan pupuk.
  • Metode ini tidak tergantung musim karena dilakukan kapan saja
  • Metode hidroponik juga lebih hemat dibandingkan dengan menanam secara konvensional karena hanya menggunakan nutrisi pada media tanamnya.

Pipa HDPE

Budidaya hidroponik ini sendiri erat kaitannya dengan dunia perpipaan. Dimana metode ini memanfaatkan pipa sebagai media pengganti lahan. Dalam dunia perpipaan sendiri terdapat berbagai jenis pipa. Adapun jenis pipa yang digunakan adalah pipa HDPE. Pipa HDPE ini sendiri merupakan pipa yang terbuat dari bahan Polietilena thermoplastik yang terbuat dari minyak bumi.

Bahan HDPE ini sendiri dapat didaur ulang sehingga ramah lingkungan. Selain itu, HDPE juga memiliki kekuatan tensil dan gaya antar molekul yang tinggi. sehingga memiliki struktur yang keras dan dapat bertahan pada suhu tinggi. Dari beberapa kelebihan HDPE inilah yang membuat pipa HDPE ini aman dan cocok digunakan untuk budidaya tanaman hidroponik.

Untuk metode hidroponik tetes misalnya, pipa HDPE ini cocok digunakan karena pipa ini berwarna hitam tak tembus pandang sehingga HDPE tak mudah berlumut. kenapa lumut jadi perhatian utama? karena lumut dapat menghambat aliran nutrisi pada saluran hidroponik. Selain itu, pipa HDPE ini juga mampu bertahan pada suhu tinggi sehingga pipa ini awet, tak mudah pecah maupun bocor.

Untuk ukuran yang digunakan dalam saluran budidaya tanaman hidroponik ini berbeda-beda, diantaranya untuk saluran hidroponik sistem fertigasi tetes misalnya, pada jenis ini pipa HDPE yang digunakan adalah yang berukuran diameter dalam 3,3 mm dan diameter luar 5mm.

hidroponik-nft-1-300x200

Sedangkan untuk budidaya hidroponik sistem Fertigasi NFT ukuran diamter pipa hdpe yang digunakan sedikit lebih besar yaitu ukuran diameter dalam 5 mm dan ukuran diameter luarnya 7mm.

Demikianlah, penjelasan singkat mengenai pipa HDPE yang digunakan untuk budidaya tanaman hidroponik.

Untuk informasi dan pemesanan, silahkan hubungi kami. Atau untuk RAB/BOQ bisa di e-mailkan ke kami untuk segera kami buatkan penawaran. Untuk Surat Dukungan, silahkan klik disini.

Regard’s

Putra Pandu Wijaya S.

PT.Lintas Sinergy Mandiri

Office: Jl. Granit Nila 1.1 No 23 Kota Baru Driyorejo Gresik-Jawa Timur

Web:   www.lintassinergymandiri.co.id

           www.hargapipahdpe.com

           www.jualfittingpipa.com

           www.mesinhdpe.net

Telp:   (031)7505289

HP:     082111109929 / 087852662488

E-mail: pandu@lintassinergymandiri.co.id

 

 

 

Pipa HDPE Untuk Budidaya Hidroponik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *