DAFTAR HARGA PIPA PVC 2021

DAFTAR HARGA PIPA PVC 2021 – Mungkin sering kita dengar, tapi tak banyak juga yang tau histori mengenai bahan yang satu ini. yuk kita bahas sedikit banyak mengenai bahan yang banyak penggunaanya untuk para industrialis dan pelaku rumah tangga

PVC yang kepanjangannya adalah Polivinil Klorida (IUPAC: Poli(kloroetanadiol)), adalah polimer termoplastik urutan ketiga dalam hal jumlah pemakaian di dunia, setelah polietilena dan polipropilena. Ternyata di seluruh dunia, lebih dari 50% konstruksi menggunakan bahan PVC. Sebenarnya alasannya apa sih orang orang memakai PVC, selain PVC harganya terjangkau, , tahan lama, PVC merupakan salah satu bahan yang termasuk mudah untuk dirangkai. Beberapa bahan PVC juga ada yang terbuat lebih elastis dan fleksibel dengan menambahkan plasticizer, dan umumnya pemakaiannya sebagai bahan pakaian, perpipaan, atap, dan insulasi kabel listrik ( conduit )..

Bahan ini awalnya ditemukan TIDAK SENGAJA  oleh Henri Victor Regnault, seorang ilmuwan ahli kimia asal Rusia tahun 1835. Pengembangan material ini kemudian di lakukan ilmuwan di negara yang sama, Eugen Baugman pada tahun 1872. Di awal abad ke 20, ahli kimia Rusia, Ivan Ostromislensky dan Fritz Klattedari perusahaan kimia Jerman Griesheim-Elektron mencoba menetapkan penggunaan PVC sebagai produk komersial. Tetapi, kesulitan pengkakuan bahan menghalangi usaha mereka. Pada tahun 1926, Waldo Semon dan perusahaan B. F. Goodrich mengembangkan metode menjadikan PVC ‘benar-benar plastik’ dengan menambahkan berbagai bahan tambahan. Hasilnya, PVC menjadi lebih fleksibel dan lebih mudah untuk prosesnya yang lalu mencapai penggunaan secara luas.

Menarik bukan?!

APA AJA SIH KELEBIHAN PIPA PVC ?

Berikut beberapa keunggulan produk pipa dari bahan Polivinil Klorida yang bisa kita dapat :

  • Prosedur instalasi mudah. Hal ini melihat dari perbandingan produk pipa dari besi, pipa jenis Polivinil Klorida memiliki prosedur pemasangan lebih mudah. Material dari bahan thermoplastik, membuat pipa jenis ini mudah untuk pemotongannya, tanpa kesulitan dan biaya besar.
  • Anti korosi. Masalah krusial ini sering terjadi pada pipa besi, dan membuat usia penggunaan jauh dari harapan. Selain itu bahan ini juga tahan terhadap bahan kimia tertentu seperti alkalin atau senyawa kimiawi lain.
  • Harga relatif lebih murah. Dengan aksesoris sambungan juga murah, membuat instalasi pipa ini juga sangat murah karena tanpa menggunakan mesin penyambung pipa khusus.
  • Kuat dan kokoh. Generasi pipa uPVC modern telah menggunakan bahan unplasticized Polyvinyl Klorida. Bahan ini berhasil memperbaiki banyak kelemahan material PVC konvensional sebelumnya.

STANDARISASI JENIS PIPA PVC

Terdapat 4 macam standarisasi pipa air atau PVC yang ada di Indonesia yaitu:

1. Standar Nasional Indonesia (SNI)

Adalah standarisasi industri yang di keluarkan oleh otoritas Panitia Teknis dan penetapannya oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN). Standar SNI berlaku nasional yaitu, di seluruh wilayah yang termasuk di dalam negara Indonesia.

2. Japanese Industrial Standards (JIS)

JIS mengatur standarisasi kegiatan industri Jepang. Standarisasi ini di koordinasi oleh Komite Standar Industri Jepang dan rilis oleh Japanese Industrial Standards Association (JSA) atau Asosiasi Standar Jepang. Sebagai sebuah negara industri, Jepang perlu memiliki standarisasi sendiri sehingga kualitas hasil industrinya tetap terjaga.

3. British Standards (BS)

Standarisasi ini di keluarkan oleh British Standard Institution (BSI) yang sudah ada sejak 1901 dan terbuat berdasarkan aspek rekayasa, sistem kualitas, keselamatan, dan keamanan. Standarisasi BS mengatur seluruh produk industri barang maupun jasa di seluruh wilayah Kerajaan Inggris beserta negara-negara persemakmurannya (commonwealth).

4. American Society for Testing and Material (ASTM)

ASTM di dirikan oleh para insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat tahun 1898. Awalnya untuk membuat suatu standar baku untuk rel kereta api saat industri perkeretaapian sedang berkembang pesat. Standarisasi ini adalah yang paling tua, sebelum BS dan saat ini penggunaanya oleh negara-negara maju dan negara berkembang, selain wilayah negara Amerika Serikat sendiri.

KETAHUI JENIS PIPA PVC TERLEBIH DAHULU

Pipa PVC biasanya memakai standar ukuran JIS (Japanese Industrial Standart). Sedangkan untuk PDAM biasanya memakai standard Nasional SNI. Dalam sistem JIS ada 3 jenis pipa PVC yaitu,

PVC KELAS AW

  • Jenis ini paling tebal.
  • Pipa ini mampu menahan tekanan sampai 10kg/cm2.
  • Pipa ini sangat cocok untuk digunakan saluran air bertekanan tinggi atau yang menggunakan pompa air.
  • Seperti saluran air di bawah tanah, air ke kran-kran air, dan saluran penyediaan air untuk rumah tangga.

PVC KELAS D

  • PVC tipe D penggunaanya untuk tekanan yang tidak terlalu besar karena ketebalannya sedang.
  • Pipa ini mampu menahan tekanan 5 kg/cm2.
  • Kebutuhan biaya lebih ringan daripada kelas AW.
  • Umumnya pipa ini penggunaanya untuk sebagai saluran pembuangan air rumah tangga.

PVC KELAS C

  • Pipa kelas C paling tipis di antara yang lain.
  • Biasanya penggunaanya untuk buangan air.
  • Biasa juga hanya sebagai pelindung untuk kabel listrik.

FUNGSI PIPA PVC

Pentingnya mengetahui apa saja fungsi dari pipa ini ialah, agar kemudian hari anda tidak merasa rugi jika sudah membelinya. Untuk itu, berikut ini kita akan membahas apa saja fungsi dari pipa PVC :

  • Pipa ini dapat menjadi saluran supply untuk jenis air bersih dan juga air kotor sekaligus
  • Sebagai pelindung kabel listrik yang tertanam di tanah atau juga bisa menjadi pelindung pada dinding rusak. Yang mana, meski nantinya kabel listrik tersebut sudah berkarat dan membusuk juga bisa terlindungi.
  • Pipa PVC juga dapat di gunakan dan penempatannya pada saluran bahan kimia, air minum, serta irigasi.

PENGGUNAAN PVC DI SEHARI-HARI

PVC digunakan untuk apa saja ya? PAKAIAN ? EMANG BENER YA ?!

Penggunaan PVC secara luas pada bahan pakaian, yaitu membuat bahan serupa kulit. Harganya lebih murah dari karet, kulit, atau lateks sehingga penggunaanya sudah luas. PVC juga waterproof sehingga di jadikan bahan pembuatan jaket, mantel, dan tas.

KABEL LISTRIK

PVC juga ada yang di gunakan sebagai bahan insulasi kabel listrik yang biasanya kita sebut dengan pipa conduit , tapi harus menambahkan plasticizer agar elastis. Tapi harus memperhatikan juga bahwa paparan api dapat menyebabkan pvc mengeluarkan asap HCL dan membhaayakan kesehatan. Usahakan menggunakan bahan insulasi yang aman.

PIPA

Ini yang paling sering kita dengar, dan merupakan salah satu spesialisasi dari pipaku juga. PVC untuk pipa, seperti yang sudah di bahas sebelumnya bahwa 50% produksi PVC penggunaanya untuk pembangunan kota dan industri.

DAFTAR HARGA PIPA PVC 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *