Perkembangan Material PVC

Material PVC

Material PVC – PVC atau polyvinyl chloride adalah salah satu material pipa yang banyak dipilih sejak abad ke 20an. Dikarenakan ketahanan yang cukup lama serta sifatnya yang cukup mudah diinstalasi. Selain itu, bahan PVC dianggap lebih murah dibandingkan bahan lain, terutama dalam pembuatan pipa. Pipa PVC ini tidak hanya digunakan dalam rumah tangga saja. Namununtuk pengaliran air dari pusat sumber air ke beberapa daerah terkadang juga masih menggunakan pipa berbahan PVC ini. Hal ini tentu membuktikan bahwa keberadaan material PVC ini sangat diperlukan, terutama menyangkut plumbing system di suatu daerah
Sayangnya, masih banyak juga diantara kita yang masih belum familiar mengenai material PVC ini. Padahal, material ini adalah penemuan revolusioner di abad ke 19 dan mulai digunakan pada abad ke 20. Berikut ini akan kita uraikan hal-hal yang berkaitan dengan material PVC.

A. Asal muasal pipa PVC
Seorang ahli kimia berkebangsaan Perancis bernama Henri Victor Regnault telah mengembangkan PVC tersebut pada abad ke 19. Saat pertama kali ditemukan material ini masih sangat keras dan kaku. Sehingga masih belum begitu banyak konsumen yang memakai sebab tiddak peraktis dan biayanya cukup mahal. Kemudia seiring berjalannya waktu pada tahun 1920an sebuah perusahaan B.F Goodrich Company memulai melakukan terobosan tat kala jenis-jenis plastic di temukan. Dan perusahaan ini ternyata sukses menjadikan PVC ini sedikit lebih lentur.

B. Negara yang pertama kali mengaplikasikan penggunaan Pipa PVC
Ketika material PVC ini sudah mulai ramai dan para konsumen sudah banyak yang melirik material pembuat pipa ini. Mulailah warga Negara Jerman pertama kali mengaplikasikan pipa dari material PVC tersebut. Karena ketahanannya yang sangat kuat dan sifatnya yang tidak mudah korosi dan masih banyak kelebihannya lagidalam waktu yang sangat singkat mampu menembus pemasaran dunia. Pada tahun 1936 Jerman sudah mulai mengeksploitasi teknologi dan menerapkan pada instalasi air minum.

C. Penggunaan Pipa PVC di Amerika Serikat
Pada tahun 1950an Negara Amerika Serikat mulai mempopulerkan pipa material PVC teresebut pada setiap plumbing system. Beberapa tahun sesudah itu mulailah dilakukan perbaikan penambahan dan pengurangan terkait dengan komposisi material. Dan jadilah pipa PVC yang semakin bagus dan mulai bias digunakan di daerah-daerah perumahan sepanjang wilayah Amerika Serikat.

B

Perkembangan Material PVC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *