fungsi plumbing

FUNGSI PLUMBING

            Fungsi plumbing adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan dan perbaikan alat plambing atau pipa serta peralatanya di dalam atau di luar gedung. Dengan sistem drainase saniter, drainase air hujan, ven, air minum yang dapat dihubungkan dengan sistem perkotaan.

fungsi plumbing

           Air merupakan unsur kehidupan manusia yang tidak dapat dipisahkan, karena setiap manusia pasti membutuhkan air demi kelangsungan hidupnya. Baik untuk air minum, memasak, mencuci, menyiram, tanaman maupun untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya.

          Pada saat ini air bersih menjadi masalah yang sangat besar, terutama di kota-kota besar karena disebabkan oleh kebutuhan cukup tinggi. Sedangkan jaringan instalasinya belum dapat memenuhi dan menjangkau daerah yang membutuhkan secara menyeluruh.

          Selebihnya dengan perkembangan di daerah perkotaan, di daerah-daerah industri akan membawa akibat yang berdampak sangat besar terhadap kebutuhan air bersih. Sedangkan di luar lingkup tersebut kebutuhan air bersih semakin menyempit.

           Jika suatu daerah atau tempat tinggal  terjangkau oleh instalasi air minum yang memadai , maka masalah air bersih tidak akan menjadi problem. Tetapi, bagi daerah yang terjangkau oleh jaringan instalasi air minum maka air minum menjadi problem sebab pemilik bangunan harus bisa mengusahakannya.

          Untuk mengeluarkan air bersih dalam jumlah yang ideal dan agar semua alat-alat saniter yang dipakai dalam tempat tinggal berjalan dengan sempurna. Dibutuhkan unit jaringan yang memadai antara lain pompa, water torn, jaringan pipa dengan perlengkapannya yang direncanakan secara baik.

            Salah satu dari unit jaringan instalasi tersebut yang sangat penting adalah ukuran pipa diameter yang dipakai mampu dialiri air. Aliran air terhadap sejumlah kebutuhan dari alat-alat saniter apabila setiap saat digunakan. Oleh karena itu besarnya diameter jaringan pipa harus diperhitungkan dengan seksama

Jenis peralatan plumbing antara lain:

1.peralatan untuk penyediaan air bersih dan minum 2.peralan pemadam kebakaran                                            3.peralatan pegolahan limbah padat

Fungsi peralatan plambing adalah
1.Menyediakan air bersih ke tempat
 tertentu dengan tekanan air dingin dan panas yang cukup
2.Menyalurkan air kotor dari tempat
 tertentu tanpa mencemari lingkungan sekitar 
3.Menyediakan air untuk mencegah  kebakaran.
fungsi plumbing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *