Valve Pipa HDPE

Valve Pipa HDPE

Apakah valve pipa hdpe itu? mungkin sebagian dari anda masih asing dengan sebuat kata “valve”. Valve atau yang biasa disebut katub adalah digunakan untuk mengatur sebuah aliran air dengan cara membuka, menutup, atau pun menutup sebagian dari aliran air yang masuk. Maka dari itu valve juga memiliki fungsi lain yaitu untuk mengarahkan aliran air.  Namun valve sendiri memiliki jenis yang cukup banyak yaitu ada 4 jenis. Berikut macam macam jenis valve :

  • Gate Valve

jenis valve pipa hdpe ini adalah jenis yang paling sering di pakai di dalam sistem pempipaan. Gate  adalah katub yang digunakan untuk membuka aliran air dengan cara mengangkat gerbang penutupnya yang berbentuk persegi panjang atau bulat. Valve harus benar benar terbuka maupun tertutup. Gate valve dapat terjadi turbolensi jika bagian gate valve tidak benar benar tertutup ataupun terbuka dengan penuh.

  • Ball Valve

Ball valve  pipa hdpe adalah sebuah valve dengan pengontrol aliran berbentuk disc bulat (seperti bola/belahan). Bola itu memiliki lubang, yang berada di tengah sehingga ketika lubang tersebut segaris lurus atau sejalan dengan kedua ujung valve/ katup, maka aliran akan terjadi. Terdapat beberapa keuntungan menggunakan ball valve. Diantara nya adalah :

  1. handal dalam mengontrol tekanan
  2. jika volume air tinggi, jenis ball valve cukup handal dalam mengontrol tekanan
  3. mesipun suhu panas tetap bisa di gunakan
  4. memiliki desain yang kuat
  5. jenis yang cukup murah
  • Check Valve

check valve pipa hdpe adalah jenis valve atau katub yang tidak menggunakan handle untuk mengatur aliran air. Tetapi menggunakan tekanan dari aliran fluida dan gaya gravitasi. Didalam jenis pemipaan, Jenis ini biasa di gunakan untuk pengaman dari sebuah equipment. Jenis ini dapat mencegah aliran air balik. Terdapat beberapa jenis check valve akan tetapi yang umum di kenal dan digunakan yaitu swing check dan lift check .  Lift Check Valve oleh beberapa pabrikan digunakan untuk menggantikan fungsi Ball Valve sebagai Ball Check Valve. Swing Check Valve biasanya dipasangkan dengan Gate Valve.

  • Air Valve

Air valve pipa hdpe adalah valve yang berkerja dengan memberi tambahan udara masuk ke dalam intake manifold ketika mesin masih dalam keadaan dingin atau masin baru saja akan dihidupkan. Dialam saluran udara sendiri tambahan udara di lewatkan tanpa melalui throttle valve.

Nah itu itadi adalah pengertian dari Valve pipa hdpe dan beberapa macam valve yang ada. Masih ada beberapa jenis aksesoris pipa HDPE berserta pengertiannya di artikel aneka aksesoris pipa HDPE.

Valve Pipa HDPE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *