Tekanan Pipa HDPE

Tekanan Pipa HDPE

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan pernah terlepas dari yang namanya pipa. Jenis pipa yang ada di pasaran memang sangat banyak sekali. Setiap orang pasti akan bingung memilih pipa yang tepat. Pipa HDPE salah satu pipa yang berkualitas baik dan tahan lama. Ketika memilih pipa bukan hanya ukurannya saja yang diperhatikan, tapi anda juga harus tahu tentang tekanan dari pipa tersebut. Tekanan ini berhubungan banyaknya air yangakan lewat pipa. Setiap jenis pipa memiliki tekanan yang berbeda-beda. Inilah beberapa jenis tekanan pipa yang harus anda ketahui.

  • Tekanan Pipa HDPE PN-6,3

    Ukuran tekanan pipa ini, merupakan jenis pipa HDPE paling kecil. Merupakan jenis tekanan pipa jenis HDPE paling kecil, dengan nominal tekanan 6.3 kg/cm2. Jenis pipa ini memiliki tebal dinding paling tipis dengan diameter pipa mulai dari 3 inch (90mm) hingga 24 inch (630mm). Dibandingkan dengan jenis yang lainnya, harga dari pipa ini juga lebih murah. Digunakan untuk aliran air bertekanan rendah atau tanpa tekanan. Terkadang pipa ini juga sering digunakan untuk pelindung kabel karena tebal dinding pipa lebih tipis dibanding jenis lain.

  • Tekanan Pipa HDPE PN-8

    Jenis pipa ini tersedia untuk tekanan 8 bar atau 8 Kg/cm2. Tersedia untuk diameter 75 mm hingga 630 mm saja. Merupakan jenis pipa dengan ketebalan dinding pipa tertipis kedua setelah PN 6,3 . Cocok untuk saluran air bertekanan rendah atau tak sampai 8 Kg/cm2 atau 8 bar.

  • Tekanan Pipa HDPE PN-10

    Jenis ini merupakan varian tekanan pipa HDPE yang paling sering digunakan. Tekanan pipa sekitar 10 Kg/cm2 dengan jenis diameter 50mm hingga 630mm. Popularitas jenis pipa ini di pasar, membuat stok sering berlimpah, jadi sangat mudah ditemukan. Bisa digunakan untuk semua jenis saluran air yang memiliki tekanan dan bisa digunakan untuk penyambungan dengan jenis pipa yang lainnya.

  • Tekanan Pipa HDPE PN-12,5

    Tekanan pipa HDPE 12,5 kg/cm2 paling cocok bila alternatif tekanan 10 Kg/cm2 dianggak kurang besar sedikit. Jenis pipa ini cocok digunakan pada saluran air yang di daerah perkotaan hingga daerah yang kontur tanahnya sulit. Ukuran pipanya tersedia untuk ukuran 50 mm sampai 630 mm. Walaupun tulisannya 12,5 bar, namun jenis tekanan ukuran pipa HDPE ditoleransi hingga 1,5 kalinya. Dan hal ini juga berlaku untuk jenis pipa yang lainnya.

  • Tekanan Pipa HDPE PN-16

    Tekanan pipa ini dikenal dengan tekanan pipa 16 bar atau jenis dengan ketebalan dinding paling besar. Semua ukuran diameter produk pipa memiliki tekanan ini atau untuk diameter 1/2 inch (20mm) hingga 24 inch (630mm). Pipa dengan tekanan yang besar ini digunakan untuk saluran air yang tekanannya besar. Bahkan bisa digunakan untuk saluran air yang siap konsumsi.

Untuk mengetahui lebih lanjut Tentang Produk ini klik Wavin Black

Pada saat menentukan tekanan bar pipa memang tidak boleh sembarangan. Harus menyesuaikan dengan proses penyambungan dan aliran air yang akan lewat. Perbedaan antara pipa dan fittingnya jangan terlalu jauh. Kalau terlalu jauh akan memberikan masalah sendiri. Jadi harus dipertimbangkan dengan baik-baik sesuai kebutuhan. Sekarang anda kalau membeli pipa HDPE, jangan hanya memikirkan masalah ukuran pipa saja. Tetapi juga tekanan pipanya. Sekian artikel kali ini semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda

Tekanan Pipa HDPE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *