Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang berbagai hal yang berkaitan dengan Pipa, dimana bahasan ini akan meliputi Pipa besi, paralon, Pvc dan cara / metode penyambungan nya.

Tahukah anda berbagai jenis pipa yang ada saat ini, beserta ukuran dan fungsinya. Pastikan anda membaca artikel ini hingga akhir agar mengetahui informasi terbaru seputar pipa di 2017.

Distributor Harga Pipa Besi, Pvc Wavin, Galvanis, Dan Hdpe di Magelang

Kabar baik untuk anda yang ingin menjadi distributor pipa besi atau sedang mencari distributor pipa besi, anda dapat menghubungi kami untuk keterangan yang lebih lengkap nya. Kami juga ingin memberikan dan membuka kesempatan bagi anda yang ingin menjadi seorang distributor untuk daerah anda. Mengenai program bisnis ini, anda dapat langsung menghubungi kami untuk mendapatkan kejelasan informasi. Perlu anda ketahui, saat ini berbisnis sebagai penyalur dan penjual bahan bangunan merupakan hal yang sangat bagus, masih banyak sekali lahan basah di tiap tiap daerah dan masih sangat potensial.

Galvanis adalah proses pelapisan logam anti karat non korosi metal pada besi. Bagi pipa besi perlu dilakukan galvanis agar tetap aawet dan tahan karat. Proses galvanis terdapat 2 cara yaitu electro plating dan hot dip galvanis. HDPE (High density Polyethylene) adalah polietiena termoplastik yang terbuat dari minyak bumi. Biasanya pada plastic memiliki kode 2. Anda dapat melihat daftar harga selengkap nya melalui website utama kami atau anda juga dapat mendatangi secara langsung toko kami.

Ukuran Pipa Paralon

harga pipa besi bekas

Membahas pipa tentu tidak lengkap tanpa pipa paralon, atau juga sering disebut dengan pipa sejuta umat. Pipa paralon adalah salah satu jenis pipa dari bahan dasar plastik dan juga kombinasi bahan vinyl. Namun tahukah anda bila tidak semua pipa paralon cocok untuk saluran air ataupun pembuangan. Topik kali ini akan membahas mengenai membedakan ukuran pipa paralon dan juga fungsinya.

Ketika anda membeli pertama anda tentukan terlebih dahulu ukuran nya apakah itu 1”, ½” atau yang lain, setelah itu barulah anda menentukan panjang pipa paralon yang anda butuhkan. Umumnya ukuran pipa paralon sangat beragam namun sebagai contoh adalah sebagai berikut :

  1. Ukuran Pipa AW : AW 1/2, AW 3/4, AW 1, AW 1 1/4, AW 1 1/2, AW 2, AW 2 1/2, hingga paling besar AW 10
  2. Ukuran Pipa D : D 1 1/4, D 1 1/2, D 2, D 2 1/2, D 3, D 4, hingga paling besar D 10
  3. Ukuran Pipa C : C 5/8, C 1/2, C 3/2, C 1, C 1 1/4, C 1 1/2, hinggal C 5
  4. Ukuran Pipa C : C 5/8, C 1/2, C 3/2, C 1, C 1 1/4, C 1 1/2, hinggal C 5

Panjang Ukuran Pipa PVC

Kebutuhan tiap tiap orang dalam hal pembangunan berbeda beda, hal ini pula yang nantinya akan menentukan berapa banyak dan seberapa panjang Pipa Pvc yang di perlukan. Seperti AW 1/2” AW ¾”, AW 1”, D3”, D4”, D5”, D10”, C 5/8”, C3/4”, C1 ½”, C1”, C2”, C3” dan lain sebagainya. Macam macam ukuran panjang pipa PVC diatas merupakan standart JIS.

Sehingga kita harus mengetahuii kebutuhan kita dahulu sebelum mebeli dan mengukur panjang ukuran pipa PVC.

Sambungan Pipa Pvc

Sebelum memasuki cara penyambungan, ada baik nya saya menjelaskan terlebih dahulu perlengkapan yang dibutuhkan, salah satu nya yaitu Sambungan Pipa Pvc. Sambungan ini memang di ciptakan khusus untuk menyambung pipa yang membutuhkan lebih dari satu batang. Sambungan pipa PVC juga harus diperhatikan kualitasnya, agar sambungan tetap kuat dan tidka bocor.

Sambungan pipa Pvc juga berbagai macam, ada yang berkualitas sedang ada juga yang berkualitas baik, untuk yang kualitas super harga nya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan yang kualitas biasa. Semua preferensi kembali kepada anda masing masing.

  1. elbow/knee/L pipa
  2. Shock pipa
  3. T pipa
  4. SDD (sock drat dalam)
  5. SDL (sock drat luar)
  6. Knee drat dalam (faucet elbow)
  7. Dop/cap PVC

Harga Pipa Pvc Per Batang di Magelang

Untuk mengetahuii harga pipa PVC per bantang nya, kami telah menyiapkan daftar harganya. Silahkan anda datang langsung ke toko kami. Harga Pipa Pvc Per Batang di toko kami cukup murah, apalagi apabila anda membeli nya dalam jumlah banyak, tentu kami akan memberikan penawaran harga yang spesial.

Untuk membuktikan nya silahkan anda berslaturrahmi ke tempat kami, dan apabila anda masih belum yakin kalau di tempat kami adalah yang termurah, anda juga dapat membandingkan harga pipa Pvc per batang dengan tempat lain nya.

Metode Penyambungan Pipa Pvc

Berikut nya saya akan berbagi tips seputar metode penyambungan Pipa Pvc agar lebih kuat, tahan lama, dan tidak mudah bocor. Karena selama ini banyak orang yang melakukan penyambungan secara asal asalan, tak heran jika belum lama di sambung sudah mulai bocor dan air merembes kemana mana. Mungkin para pembaca banyak tidak tahu, bagaimana cara agar sambungan pipa kita rekat dan kuat. Sebenarnya ada beberapa metode, namun penulis telah rangkum dan nilai metode inilah yang paling sesuai dan sudah teruji hasilnya.

Barulah mulai mengoleskan lem di kedua ujung pipa tersebut, setelah itu rekatkan kedua pipa dan tunggu hingga lem mengering. Pada proses ini, jangan biarkan air mengenai lapisan lem tersebut, karena kalau hal itu terjadi proses perekatan dan penyambungan akan mudah lepas.

Cara Menyambung Pipa Besi

harga pipa besi per batang

Biasanya menyambung pipa besi digunakan dengan cara las. Cara ini membuat sambungan dan pipas besi menjadi permanen dan tidak dapat dibuka lagi. Untuk menyambung pipa besi, dapat dilakukan dengan dua cara, cara pertama yang itu dengan menggunakan lem besi, atau bisa juga dengan cara menggunakan las. Untuk cara yang lebih efektif dapat dilakukan dengan cara las.

Setelah itu, silahkan anda bersihkan ujung pipa besi dan pastikan tidak ada kotoran atau debu yang menempel sedikitpun, hal ini untuk menghindari adanya hal yang mengganggu proses pengeleman. Setelah bersih, oleskan lem dan rekatkan kedua pipa besi tersebut. Setelah proses menyambung pipa besi sudah dilakukan, selanjutnya adalah melakukan pengecekan secara berkala. Hal ini untuk mengantisipasi apabila terjadi kebocoran pada sambungan tersebut.

Cara Melepas Sambungan Pipa Pvc

Setelah sebelumnya kita membahas cara menyambungkan pipa yang baik, kini kita juga membahas bagaimana cara melepas sambungannya. Selama ini orang lebih memilih untuk memotong pipa sambungan lalu menggantinya. Tentu cara ini kurang efisien, karena ukuran pipa berkurang dan pipa sambungan menjadi terbuang. Jika masih sudah dilepas, silahkan cungkil pipanya dengan obeng agar dapat terlepas. Cra lain agar dapat melepas sambungan pipa PVC adalah dengan cara diolesi lem. Olesi lem pada pipa dengan merata lalu sebelum lem kering, bakar bagian lemnya sampai apinya mati sendiri.

Itulah sekilas pembahasan mengenai Harga Pipa Pvc, Ukuran, Paralon, Pipa Besi, dan Cara Penyambungan nya. Semoga apa yang saya paparkan dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi anda yang ingin terjun dalam dunia bangunan.