MENGENAL ISTILAH-ISTILAH FITTING DALAM AKSESORIS PIPA

Mengenal Istilah-istilah Fitting dalam Aksesoris Pipa

Pipa, fungsinya yang sederhana ternyata memiliki banyak istilah didalamnya. Mengetahui karakter dan istilah tersebut sebelum memasangnya bisa jadi sangat dianjurkan. Karena kesalahan sedikit saja, biasanya akan berdampak besar, hal ini biasa ditandai dengan munculnya kebocoran di kemudian hari.

Proses sambung atau fitting Pipa, pada dasarnya bagian penting dalam di sistem perpipaan. Hal ini yang kemudian mengenalkan kita pada beberapa jenis aksesoris yang sering digunakan dalam proses instalasi. Beda bentuk, ukuran dan karakter, tentu beda pula fungsinya. Maka, sebelumnya, yuk kita mengenal jenis-jenis aksesoris dan fungsinya untuk sistem perpipaan.

Jenis aksesoris pertama adalah Socket. Aksesoris ini biasanya digunakan untuk menyambung pipa, tujuannya memperpanjang pipa dengan menyambung lurus satu pipa dengan pipa yang lain. Jenis aksesoris ini biasanya digunakan untuk dua jenis pipa dengan diameter yang sama, dengan ulir yang berada dibagian dalam.

Jenis aksesoris pipa yang lain adalah Elbow, berbeda dengan socket, aksesoris ini berfungsi untuk membelokkan aliran dengan ulir dibagian dalam. Sama fungsinya dengan Elbow, aksesoris pembelok aliran juga dapat dilakukan dengan Bend. Hanya saja aksesoris ini digunakan untuk membelokkan aliran beradius besar.

Selain membelokkan, aksesoris pipa juga dapat bekerja dengan membagi aliran menjadi dua arah. Alat ini bernama Tee. Seperti namanya “T” bentuk aliran yang dihasilkan berawal dari pipa lurus yang dibelokkan ke kiri dan ke kanan.

Selanjutnya adalah Reducer. Akesoris ini biasanya digunakan untuk menyambung dua pipa dengan diameter berbeda. Reducer sendiri terbagi menjadi dua tipa, yakni Reducer Elbow yang fungsinya membelokkan aliran dan Reducer Socket yang fungsinya memperpanjang pipa, dengan sambungan pipa lurus.

MENGENAL ISTILAH-ISTILAH FITTING DALAM AKSESORIS PIPA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *