DISTRIBUTOR PIPA HDPE SURABAYA

DISTRIBUTOR PIPA HDPE SURABAYA –  High Desity Polythylene atau biasa di kenal dengan pipa HDPE pipa jenis satu ini terbuat dari plastik yang memiliki elastisitas tinggi sehingga mudah dalam pemasangan dan juga dalam penyambungannya. Pipa HDPE identik dengan warna hitam. Pipa HDPE sendiri tersedia dalam dua bentuk yaitu dalam bentuk Roll dan Batangan untuk ukuran ½” sampai 3” berbentuk roll- roll an sehingga bisa di gulung. dengan panjang macam macam ada yang 50 meter per rol nya , ada yang 100 meter per rollnya , ada yang 250 meter per rollnya. Untuk ukuran 3” sampai 24” biasanya dalam bentuk batangan dengan panjang 6 meter per batangnya.

DISTRIBUTOR PIPA HDPE SURABAYA – proyek PDAM , pertanian , saluran air bersih ,proteksi kabel bawah laut dan irigasi lebih sering menggunakan pipa hdpe. Pipa HDPE terbuat dari bahan Polythylene sehingga kebanyakan orang menyebutnya dengan pipa PE , Bahan pembuatannya menggunakan bahan Thermoplastik . pengaplikasiannya tidak hanya untuk pipa hdpe saja misal kantong plastik ,perkakas rumah tangga, peralatan baby , tempat makan dan masih banyak lagi. Pipa HDPE ada untuk melengkapi kekurangan dari pipa PVC dan pipa BESI , dimana pipa hdpe memiliki elastisitas yang tinggi dan tidak mudah berkarat dan dapat bertahan sampai dengan 50 tahun.

PEMBAGIAN PIPA HDPE

Pipa HDPE memiliki berbagai ukuran di mulai dari ukuran yang paling kecil ½ inch atau 20mm sampai 28 inch atau 710mm. Eiiitss gak hanya itu pipa hdpe juga dibagi berdasarkan maximal tekanannya diantaranya :

PE – 100DIMENSI YANG TERSEDIA
SDR 11 PN 16½ inch sampai 24 inch
SDR 13,6 PN 12,51-1/2 inch sampai 24 inch
SDR 17 PN 101-1/2 inch sampai 28inch
SDR 21 PN 82-1/2inch sampai  28 inch
SDR 26 PN 6,33 inch sampai 28 inch
baca juga : PENYAMBUNGAN PIPA HDPE

Pengertian SDR sendiri adalah standard dimensio ratio atau satuan yang menggunakan untuk mengetahui ketebalan dari pipa itu(wall thickness). Sedangakan PN adalah preassure nominal yang menggunakan untuk mengetahui sampai tekanan berapa bar kemampuan pipa HDPE itu.

Misalya

  1. SDR 11 PN 16 memiliki tekanan air maximal 16 bar biasanya di gunakan untuk pompa yang mengaliri daya tinggi.

2. SDR 13,6 PN 12,5 memiliki tekanan air maximal 12,5 bar biasanya digunakan untuk keperluan pompa diatas 10 bar.

3. SDR 17 PN 10  memiliki tekanan air maximal 10 bar biasanya di gunakan untuk segala instalansi air bersih dengan daya normal (proyek PDAM kebanyakan menggunakan PN 10 karena tekanan yang normal).

4. SDR 21 PN 8 memiliki tekanan air sampai 8 bar biasanya di gunakan untuk aliran air yang sedang dan tidak menggunakan pompa yang besar.

5. SDR 26 PN 6,3 memiliki tekanan air maximal 6,3 bar Biasanya di gunakan untuk aplikasi sistem gravitasi.

keunggulan pipa HDPE  – memiliki kelenturan yang tinggi , tahan terhadap panas, benturan dan abrasi, mengurangi penggunaan sambungan.

TEKNIK PENYAMBUNGAN PIPA HDPE

Pipa hdpe Memiliki 2 macam cara penyambungan diantaranya yaitu

  1. Mechanical joint – penyambungan jenis ini biasanya untuk pipa ukuran ½” – 3” yang berbentuk roll. Karena pengaplikasiannya yang mudah dan tanpa menggunakan mesin las HDPE. Cara penyambungannya hanya cukup menggunakan aksesoris compression joint yang tersedia dalam bentuk coupler, male thread joint equal, reducer , elbow 90, dan masih banyak lagi.
  2. Welded joint – penyambungan jenis ini menggunakan mesin pemanas hdpe atau bisa di sebut welding machine pipa hdpe, cara penyambungannya cukup lelehkan ujung pipa dan aksesoris yang hendak di satukan.

Masing masing cara penyambungan ini memiliki keunggulan dan kelemahan , untuk metode mechanical joint memiliki kelebihan apabila terjadi kebocoran tinggal di copot dan dan mengganti dengan aksesoris yang baru ,Sedangkan untuk metode welded joint memiliki kekurangan apabila terjadi kebocoran harus memotong pipa dan mengganti saluran yang baru.

PT. LINTAS SINERGY MANDIRI – Distributor pipa dan fitting terlengkap dan termurah di Surabaya.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi

0813-1086-6051

082-1111-09929

DISTRIBUTOR PIPA HDPE SURABAYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *