4 Jenis Fitting Pipa HDPE 

Pipa HDPE adalah jenis pipa yang terbuat dari bahan polietilen termoplastik yang sedang naik daun digunakan untuk masalah perpipaan baik untuk industri atau sistem saluran perkotaan, bahkan hingga kemasan makanan. Mengapa banyak digunakan? Karena pipa ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi di mana banyak keunggulan lebih dibandingkan pipa jenis lain dan ketahanannya luar biasa sehingga biaya maintenance pun tidak membutuhkan jumlah yang banyak dan terlalu sering.  Selain itu pipa HDPE memiliki izin dari WHO untuk digunakan terutama dalam hal distribusi air dan makanan karena tidak mengandung racun dan ramah lingkungan karena bisa didaur ulang. Penyambungan pipa HDPE dilakukan dengan metode heat fusion sehingga resiko kebocoran pada sambungan mencapai 0%. Berikut adalah 4 jenis fitting atau sambungan pada pipa HDPE.

  1. Segmented fitting (HDPE segmented butt fusion fitting)
    Fitting pada jenis ini adalah dengan memotong pipa HDPE lalu disambung kembali dengan bentuk fitting yang diinginkan. Untuk mendapatkan segmented fitting harus menggunakan mesin butt fusion khusus untuk jenis segmented. Keuntungan dari fitting ini adalah bentuk fittingnya bisa dibuat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pipa. Selain itu material fitting ini akan memperkuat sambungan pipa karena sama-sama terbuat dari bahan HDPE sehingga resiko kebocoran rendah. Harganya juga lebih ekonomis, namun kelemahannya adalah pembuatan fitting membutuhkan waktu yang lama dan bentuknya yang kurang menarik.
  2. Mold fitting (injection molded HDPE fitting)
    Berbeda dengan segmented fitting, mold fitting adalah fitting HDPE yang paling banyak digunakan karena sudah diproduksi oleh pabrik sehingga mudah mendapatkannya. Fitting jenis molded juga memiliki ketahanan yang kuat dan mutunya dijamin karena melewati proses quality check di pabrik. Kelemahan fitting ini adalah bentuknya yang tidak feksibel dan ada beberapa bentuk fitting yang sulit dicari karena produksinya sedikit. Namun untuk bentuk fitting yang lebih umum mold fitting mudah dicari dan bentuknya lebih menarik.
  3. Compression fitting
    Fitting jenis compression lebih banyak digunakan pada saluran perumahan. Jenis Fitting ini lebih mudah dalam pemasangan / penyambungan karena tidak membutuhkan mesin Welding HDPE. Compression fitting digunakan untuk pipa-pipa kecil berdiameter 20mm sampai 110mm untuk menyambungkan jaringan pipa HDPE.
4 Jenis Fitting Pipa HDPE 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *